Solusi Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 10

ARUSGADGET– Permasalahan saat menggunakan laptop memang tidak pernah ada habisnya. Bisa tiba-tiba laptop eror dadakan, kursor dan keyboard yang mati dan sistem pada laptop yang sangat lemot. Hal tersebut tentunya membuat kita menjadi panik. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop lemot agar bisa digunakan kembali. Berikut ulasannya.

Sistem operasi laptop banyak yang menggunakan Windows 10 dengan berbagai macam fitur di dalamnya. Meskipun Windows 10 menjadi sistem yang sudah cukup update, namun banyak pengguna laptop yang mengeluh tentang lemotnya sistem pada laptop.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Masalah lemot yang sering terjadi pada pengguna laptop bukan karena dari masalah sistem saja. Lemot laptop juga dipengaruhi karena adanya virus atau umur laptop yang sudah tua. Berikut cara mengatasi laptop lemot yang bisa menjadi solusi supaya laptop kembali berjalan dengan normal.

1. Mengahapus Program Tidak Penting
Salah satu alasan mengapa laptop bisa lemot karena banyaknya aplikasi atau program yang terpasang. Maka dari itu sangat penting untuk menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting atau yang tidak digunakan. Dengan begitu laptop akan kembali normal dan penyimpanan pun tidak menjadi cepat penuh.

2. Menghapus File Pada Folder Temp


File-file yang terdapat pada folder temp biasanya hasil dari ekstrak aplikasi yang sudah di download. Terkadang sebagai pengguna laptop lupa jika hasil dari ekstrak tersebut akan tersimpan secara otomatis. Dan apabila file tersebut tidak dihapus, akan membuat sistem laptop menjadi lemot dan lambat.

BACA JUGA:

3. Menghapus File Folder Prefetch
Agar laptop tidak terus menerus eror, jangan lupa untuk menghapus file yang terdapat pada folder prefetch. Berikut cara mudah untuk menghapusnya:
a. Tekan tombol Windows+R pada laptop
b. Ketik prefetch kemudian enter
c. Jika muncul administrator, pilih “OK”
d. Setelah itu hapus semua file yang terdapat pada folder tersebut agar sistem laptop tidak lemot

4. Menghapus Backup Windows Update
File backup Windows update juga menjadi alasan mengapa laptop menjadi lemot. Karena jika tidak langsung di hapus akan menumpuk dan membuat sistem pada laptop menjadi lemot. Berikut cara untuk menghapus file backup:
a. Ketik disk clean up di bagian kolom seacrh Windows
b. Pilih drive yang akan di hapus
c. Kemudian klik OK
d. Pilih file yang akan di hapus dan pilih OK

Bagikan !