Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi Pada Smartphone, Simak 5 Cara Berikut Ini

ARUSGADGET- Headset bluetooth kini sedang populer karena lebih mudah untuk digunakan. Namun terkadang terdapat beberapa permasalah, salah satunya bluetooth tidak terkoneksi di smartphone. Bagaimana solusinya? Begini cara mengatasi headset bluetooth tidak terdeteksi di smartphone.

Headset bluetooth merupakan jenis headset nirkabel yang cara penggunaannya dengan memanfaatkan jaringan wireless. Sama seperti perangkat lainnya, headset bluetooth ini juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Kekurangan yang paling sering dialami oleh pengguna headset bluetooth adalah tidak terdeteksi bluetooth pada perangkat smartphone. Dan hal ini tentunya akan menghasilkan suara pada speaker headset menjadi tidak jelas.

Untuk mengatasi permasalahan itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Namun sebelumnya, kenali terlebih dahulu apa penyebab dari tidak terdeteksinya bluetooth pada perangkat smartphone.

BACA JUGA:

Penyebab Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi Pada Perangkat Smartphone

 Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi

Agar kita bisa menggunakan headset bluetooth, salah satu caranya yaitu harus mengkoneksikan bluetooth ke smartphone. Terkadang bluetooth sudah terkoneksi, namun sering kali bluetooth tidak terdeteksi saat digunakan.

Hal tersebut tentunya dapat membuat suara pada speaker menjadi lemah dan terkadang hilang. Ada beberapa penyebab mengapa headset bluetootk tidak terdeteksi.

Masalah itu terjadi dapat dikarenakan adanya bug yang menyebabkan sistem dari perangkat smartphone yang tidak merespon. Permasalahan lainnya bisa juga berasal dari hardware entah smartphone atau headsetnya.

Headset tidak terdeteksi bisa juga krena jatuh atau terkena air. Ada beberapa cara mengatasi headset bluetooth tidak terdeteksi di smartphone. Apa saja itu? Yuk simak artikel berikut ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di Smartphone

1 . Test Headset

 Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi

Metode pertama yang bisa kamu lakukan saat headset bluetooth kamu bermasalah adalah dengan melakukan pengecekan terhadap headset tersebut. Apakah ada kerusakan pada headset atau tidak.

Cara mengeceknya pun mudah. Kamu bisa mencoba mengkoneksikan headset bluetooth tersebut ke perangkat lainnya ke komputer ataupun smartphone lain.

Jika saat disambungkan tidak terkoneksi atau terdeteksi, maka sudah sangat memungkinkan ada kerusakan pada headset. Namun sebaliknya jika headset tersambung dan terdeteksi, maka ada kemungkinan masalah pada smartphone.

Mencoba menghubungkan di perangkat lain bisa menjadi sebuah patokan untuk mengetahui dimana letak permasalahannya.

2 . Pairing Ulang

 Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi

Pernahkah saat kalian sedang mengirim file melalui bluetooth lalu kemudian eror? Jika pernah, maka hal tersebut akan mempengaruhi konektivitas headset bluetooth.

Untuk mengatasi permasalahannya, kamu bisa melakukan pairing antara headset dan juga headset tersebut.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya tinggal menghapus nama perangkat headet bluetooth di smartphone kamu. Dan jika sudah lakukan pairing ulang atau sambungkan ulang headset bluetooth dengan bluetooth pada smartphone kamu.

3 . Mereset Headset Bluetooth

 Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi selanjutnya yaitu dengan merest ulang headset bluetooth. Hal ini kemungkinan akan membantu headset kembali seperti semula.

Caranya cukup muedah, pertama kamu harus memastikan jika baterai pada headset masih penuh. Setelah itu pencet tombol power sampai warna lampu berkedip dengan cepat. Lalu sambungkan bluetooth pada smartphone ke headset tersebut.

Cara ini bisa digunakan karrena biasanya headset tidak terdeteksi karena adanya gangguan pada sambungan jaringan. Sedangkan dari hardware jarang ada kerusakan, jika itu bukan karena jatuh.

4 . Update Firmware

Selain karena gangguan jaringan, headset bluetooth tidak terdeteksi juga bisa dikarenakan sudah usangnya program headset. Hal itu karena uur headset yang sudah lama dari mulai sejak pemakaian pertama.

Maka dari itu penting bagi kita semua untuk melakukan update firmware pada headset. Caranya pun mudah, kamu bisa mengunjungi situs resmi dari headset bluetooth tersebut dan langsung melakukan pembaruan program.

5 . Jarak Headset

 Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi

Banyak orang yang mengira jika headset bluetooth bisa dipakai dengan jarak lebih dari 10 meter. Faktanya headset bluetooth bisa digunakan dengan jarak kurang dari 8 meter antara smatrtphone dan headset itu sendiri.

Maka apabila bluetooth tidak terdeteksi atau putus sambungkan konektivitasnya, bisa jadi karena headset yang kamu gunakan berada pada jarak lebih dari 10 meter dari ponsel kamu.

Itu lah 5 Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Apabila kamu sudah mencoba kelima cara diatas dan headset kamu masih tidak bisa disambungkan atau tidak terdeteksi, kamu bisa membawanya ke tukang service.

Dan jika salah satu penyebabnya adalah karena program yang sudah kadaluarsa dan tidak bisa diperbarui sendiri, sangat disarankan lebih baik membeli headset bluetooth yang bar saja.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !