Melihat Daftar iPhone dari Tiap Generasi, Mulai 2007

ARUSGADGET – iPhone dari tiap generasi berhasil menarik minat para Apple Fanboy dengan kemampuan yang berada dalam kelas premium.

Perilisan iPhone pertama kali dilakukan pada Juni 2007 dan iPhone dari tiap generasi masih eksis hingga sekarang.

Siapa yang tidak mengenal iPhone dari tiap generasi? Bahkan, sekarang kita dapat menemui pengguna iPhone dari tiap generasi. Banyak orang yang menggemari ponsel ini lantaran ekosistem yang lebih menarik serta fitur kelas flagship lainnya yang ditawarkan.

iPhone dari tiap generasi selalu membawa peningkatan dalam ponselnya, sehingga dapat menghipnotis penggunanya untuk dapat selalu memperbarui ponselnya.

BACA JUGA : Apple Konfirmasi Fitur Koneksi Satelit di iPhone 14

iPhone dari masa ke masa juga dapat menjadi produk unggulan Apple dengan penjualannya yang sangat masif di seluruh dunia.

iPhone dari Masa ke Masa

Pada September 2022, seri terbaru iPhone dirilis dengan mengusung tajuk iPhone 14 yang membawa seri model iPhone 14 reguler, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Tetapi, kira-kira bagaimana perjalanan iPhone dari tiap generasi hingga sampai pada seri iPhone 14 ini?

Simak ulasan iPhone dari tiap generasi berikut, agar lebih mengenal sejauh mana perkembangan iPhone dari tiap generasi hingga sekarang.

iPhone

iPhone dari tiap generasi diawali pada 29 Juni 2007, Apple merilis ponsel pertamanya dengan tajuk iPhone.

iPhone dari tiap generasi - iPhone

Ponsel ini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal dengan variasi 4 GB, 8 GB, dan 16 GB. Ponsel ini rilis dengan nomor model A1203.

Ponsel ini dibekali dengan pelindung belakang dari material alumunium teranodik. Pada bagian atas, terdapat slot untuk mini-SIM “second form factor” (2FF). Di zamannya, iPhone membawa layar besar dengan kamera 2 MP.

Penjualan iPhone dibanderol dengan harga variatif tergantung pada kapasitas ponsel, untuk penyimpanan 4 GB dibanderol dengan harga USD 499 dan varian 8 GB dijual dengan harga USD 599. Harga ini tentu cukup mahal jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel di zamannya.

iPhone 3G

iPhone dari tiap generasi dilanjutkan dengan iPhone 3G yang dirilis pada 11 Juli 2008 dengan peningkatan yang menonjol pada konektivitas 3G dan GPS.

iPhone dari tiap generasi - iPhone 3G

BACA JUGA : Baru Saja Rilis iPhone 14, Apple Beri Indikasi iPhone SE 4 Menyusul

Kemudian, fiturnya juga lebih canggih, mulai dari OS terbaru, fitur push e-mail, dan dimulainya kehadiran App Store.

Desainnya mirip dengan generasi pertama, namun tepian luarnya berbahan metal dan memiliki ukuran lebih ramping. Ponsel ini tersedia dalam varian 8 GB dan 16 GB dengan nomor model A1324.

iPhone 3GS

iPhone dari tiap generasi - iPhone 3GS

Rilis di tahun 2009, desain iPhone 3GS memiliki kesamaan dengan iPhone 3GS. Namun, seri S ini membawa spesifikasi yang diperbarui dengan prosesor terbaru ARM A8 600 MHz dengan inovasi layar yang mengurangi bekas sidik jari.

BACA JUGA: iPhone 14 Series Resmi Buka Pre-order di Indonesia, Ini Harganya

Fitur lainnya juga disempurnakan dengan berbagai fitur yang tersedia, mulai dari kontrol suara, hingga rekaman video yang beresolusi 480p yang jernih pada zamannya. Ponsel ini juga mulai menyediakan varian warna, yaitu hitam dan putih.

Sementara kapasitas penyimpanan internalnya, membawa kapasitas lebih besar, yaitu 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. iPhone 3GS tersedia dalam nomor model A1325 dan A1303.

iPhone 4

iPhone dari tiap generasi - iPhone 4

iPhone 4 rilis pada tahun 2010 untuk GSM dan 2011 untuk versi CDMA. Perubahannya terletak pada desain yang mengusung stainless steel sebagai bahan utamanya. Ketebalannya menjadi lebih tipis dibandingkan dengan ponsel sebelumnya.

Resolusi layar ponsel ini lebih besar dengan 960 x 480 piksel dan disandingkan bersama teknologi Retina Display. Fungsi teknologi tersebut adalah untuk mempertajam tampilan layar pada ponsel ini.

Selain itu, iPhone 4 menampung kamera selfie lebih besar, yaitu 5 MP dengan rekaman video beresolusi 720p. Ponsel ini tersedia dalam warna hitam dan putih dengan kapasitas 8 GB, 16 GB, dan 32 GB.

iPhone 4S

iPhone dari tiap generasi - iPhone 4s

iPhone 4S membawa prosesor dual-core terbaru yang dapat mendukung berbagai fitur baru. Mulai dari asisten virtual Siri, layanan iCloud, iMessage, Notification Center, dan Reminder.

Ponsel ini tersedia dalam varian warna Hitam dan Putih dengan kapasitas 8 GB, 16 GB, 32 GB, dan 64 GB yang lebih besar.

Perilisan ini dibarengi dengan berita duka karena pendirinya, Steve Jobs, meninggal pada 5 Oktober 2011, tepat sehari setelah perilisan iPhone 4S.

iPhone 5

iPhone dari tiap generasi - iPhone 5

Di tahun 2012, generasi iPhone selanjutnya rilis dengan tajuk iPhone 5. Dalam ponsel ini, terdapat ukuran layar lebih besar mencapai 4 inci dengan resolusi 1136 x 640 piksel saat generasi sebelumnya selalu membawa ukuran 3,5 inci.

Konektivitas iPhone 5 juga sudah mencapai koneksi 4G LTE serta konektor Lightning USB untuk mengisi daya perangkat.

Desain ponsel ini juga memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya. Ponsel ini masih tersedia dalam warna Hitam dan Putih dengan kapasitas 16 GB, 32 GB, dan 64 GB.

iPhone 5C dan iPhone 5S

iPhone dari tiap generasi - iPhone 5s dan 5c

Diluncurkan pada 20 September 2013, iPhone 5C membawa kapasitas penyimpanan 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Menariknya, iPhone 5C sudah membawa perubahan dalam daftar iPhone dari tiap generasi dengan varian warna yang beragam, mulai dari putih, biru, merah muda, hijau, dan kuning.

Sementara itu, iPhone 5S membawa desain yang menyerupai iPhone 5 namun dengan teknologi terbaru. Mulai dari dua unit LED Flash dan bukaan lensa yang diperbesar. Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan Touch ID yang dapat membuka perangkat dengan sidik jari.

Ponsel iPhone 5S juga terlihat lebih elegan dengan varian warna Space Gray, Silver, dan Gold. Penyimpanan internalnya mengusung kapasitas 16 GB, 32 GB, dan 64 GB.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

iPhone 6 Series

Pada tahun 2014, iPhone merilis seri iPhone 6 dengan model reguler dan model Plus. Keduanya membawa perubahan dengan layar yang lebih besar.

iPhone 6 membawa layar 4,7 inci dan resolusi 1334 x 640 piksel serta kecerahan 326 ppi. Sementara iPhone 6 Plus membawa layar berukuran 5,5 inci dengan 1920 x 1080 piksel dan kecerahan 401 ppi.

iPhone 6 juga membawa fitur Apple Pay sebagai pembayaran virtual melalui perangkat. Baterai dalam ponsel ini juga diperbarui dengan 2915 mAh.

Penyimpanan ponsel ini juga mendukung kapasitas lebih besar dengan 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Perubahan layar dan fitur tersebut menentang prinsip Steve Jobs, namun ternyata penjualannya tetap sukses.

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

iPhone 6s series

Pada 9 September 2015, Apple merilis seri S dari iPhone 6. Peningkatannya terletak pada resolusi 1334 x 750 piksel dengan chipset Apple A9, fitur 3D Touch, kamera 12 MP, perekaman 4K, dan performa chip A9 yang 70% lebih cepat. Selebihnya, semua spesifikasinya masih sama dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

iPhone SE

iPhone SE

iPhone SE merupakan singkatan dari iPhone Special Edition yang rilis 2016 dengan spesifikasi mumpuni namun harganya lebih terjangkau. Namun, desain yang dibawa iPhone SE mirip dengan iPhone 5s namun spesifikasinya setara dengan iPhone 6s.

iPhone 7 dan 7 Plus

iPhone 7 series

Ponsel ini dirilis pada tahun 2016 dengan pembaruan chip terbaru A10 dengan sertifikasi anti-air.

Keistimewaan lainnya dibawa oleh iPhone 7 Plus yang membawa dual-camera pada kamera belakangnya. Fitur pada kamera ini mendukung portrait dan 2x optical zoom.

Ponsel ini membawa varian kapasitas penyimpanan internal yang juga lebih besar. Mulai dari 32 GB, 128 GB, dan 256 GB yang dikemas dalam warna Space Gray, Jet Black, Silver, Gold, dan Rose Gold.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iPhone 8 series

Seri iPhone 8 rilis pada 12 September 2017 dengan dukungan wireless charging untuk pengisian dayanya. Kemudian chipsetnya sudah dibekali A11 Bionic dengan True Tone dan memungkinkan warna dan intensitas cahaya berubah mengikuti lingkungan sekitar.

Ponsel ini mirip dengan iPhone 7 Plus, namun iPhone 8 Plus sudah membawa punggung dengan material kaca yang mengkilat.

iPhone 8 tersedia dalam warna Gold, Silver, Space Gray, dan (PRODUCT) RED dengan kapasitas yang meninggalkan 32 GB dalam variannya.

iPhone X

iPhone X

Perombakan desain dalam daftar iPhone dari tiap generasi dilakukan di tahun 2017 dalam iPhone X yang meninggalkan desain dengan tombol home dan memiliki layar penuh. iPhone X juga membawa notch yang unik, layar OLED, bezel tipis, dan fitur keamanan deteksi wajah Face ID. Ponsel ini hanya menyediakan warna Silver dan Space Gray dengan kapasitas 64 GB dan 256 GB.

iPhone XR

iPhone XR

Perilisan iPhone XR berlangsung pada tahun 2018 dengan menawarkan desain antara alumunium dan stainless steel dengan panel layar LCD dan single-camera. Varian warnanya lebih variatif dengan warna Hitam, Putih, Biru, Kuning, Coral, dan (PRODUCT) RED. Kapasitas penyimpanan internalnya membawa variasi 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

iPhone XS dan XS Max

iPhone XS dan XS Max

Rilis di tahun yang sma dengan XR, ponsel ini membawa peningkatan dengan Apple A12 Bionic untuk tenaganya. Fitur lainnya ialah dual SIM, varian kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar, yaitu 512 GB, dan kemampuan baterai yang lebih awet. Varian warnanya hanya tersedia dalam warna Silver, Hitam,dan Gold.

iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

iPhone 11 series

Pertama kalinya Apple merilis tiga ponsel dalam satu seri di 2019, yaitu keluarga iPhone 11 yang membawa iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Perbedaannya terletak pada kamera dan ukuran layar namun sama-sama mengantongi chipset A13 Bionic.

Ponsel ini menyediakan kapasitas penyimpanan internal 64 GB, 128 GB, dan 256 GB, 512 GB dengan warna beragam, mulai dari Ungu, Hijau, Kuning, Hitam, Putih, dan (PRODUCT) RED untuk seri iPhone 11, warna Silver, Abu-abu, Gold, dan Hijau Gelap untuk seri Pro dan Pro Max.

iPhone SE 2

iPhone SE 2

Pada tahun 2020, kembali datang iPhone SE 2020 atau iPhone SE generasi kedua dengan varian warna Putih, Hitam, dan (PRODUCT) RED. Ponsel ini mengantongi chipset layaknya iPhone 11 namun desainnya masih membawa tombol home dengan harga yang lebih terjangkau.

iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max

iPhone 12 series

iPhone 12 series membawa seri model terbaru, yaitu iPhone 12 Mini dengan harga yang lebih terjangkau namun spesifikasinya dipangkas. iPhone 12 dan iPhone 12 Mini juga hanya menyediakan penyimpanan internal mencapai 256 GB, sedangkan seri Pro dan Pro Max membawa hingga 512 GB.

Varian warnanya beragam dengan warna Hitam, Putih, (PRODUCT) RED, Hijau, Biru, dan Ungu. Kemudian untuk seri model Pro, dilengkapi dengan varian warna Silver, Graphite Gray, Gold, dan Pacific Blue.

iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

iPhone 13 series

Ponsel ini rilis di tahun 2021 dengan notch yang 20% lebih kecil dibandingkan dengan pendahulunya.iPhone 13 series juga dibekali dengan chipset A15 Bionic yang 50% lebih kencang performanya.

iPhone 13 mengusung desain kamera belakang diagonal dengan konfigurasi triple-camera. Varian penyimpanan internal ponsel ini juga mencapai 1 TB dengan warna (PRODUCT) RED, Starlight, Midnight, Blue, Pink, dan Green untuk seri biasa, sedangkan seri Pro membawa varian tambahan Alpine Green, dan Sierra Blue.

iPhone SE 3

iPhone SE generasi ke-3 yang rilis 2022 dan membawa desain ponsel lama dengan Touch ID namun dibekali dengan chipset setara dengan iPhone 13.

iPhone SE 3

Hal ini mempertahankan seri Special Edition untuk iPhone dari tiap generasi yang selalu membawa spesifikasi mumpuni namun desain yang lebih jadul. Dengan harga yang lebih terjangkau, ponsel ini menyediakan varian penyimpanan internal 64 GB, 128 GB, dan 256 GB dalam warna (PRODUCT) RED, Starlight, dan Midnight.

iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

iPhone 14 series

Untuk sementara, daftar iPhone dari tiap generasi ditutup oleh iPhone 14 yang baru saja dirilis pada tahun 2022 dengan kembali membawa seri model Plus ke dalam keluarganya. Kelebihan iPhone 14 terletak pada fitur Dynamic Range yang terkesan seperti notch yang dinamis.

Selain itu, iPhone 14 Pro dan Pro Max juga secara berani membawa konfigurasi triple-camera dengan kamera utama 48 MP. Chipset ponsel ini pun dilengkapi dengan chipset terbaru A15 Bionic yang performanya lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya.

Itulah iPhone dari tiap generasi yang terus berkembang dalam segi spesifikasi dan fiturnya. Keberadaan iPhone dari tiap generasi juga memiliki ketertarikan masing-masing. Dari daftar iPhone dari tiap generasi, kini hanya tersedia mulai dari generasi iPhone 11 ke atas saja.

Daftar iPhone dari tiap generasi tentu sudah diketahui oleh para peminat ponsel premium ini. Melihat daftar iPhone dari tiap generasi, kira-kira mana iPhone yang menjadi favorit Anda?

Baca Arus Gadget di Google News

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !