Manfaat Root Hp, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

ARUSGADGET – Ternyata ada banyak sekali manfaat root HP. Dengan root, pengguna bisa mengakses HP nya secara lebih luas. Namun, sebelum melakukannya sebaiknya kenali kelebihan dan kekurangan root HP.

Salah satu manfaat root HP lainnya adalah bisa memaksimalkan kinerja. Sebab pada HP ada beberapa fitur atau fungsi yang sengaja developer batasi. Dengan melakukan root, pengguna dapat menjelajahi keterbatasan tersebut.

Manfaat Root HP

Manfaat Root Hp Kenali Kelebihan dan Kekurangannya 1

Baca Juga:

Berikut adalah kelebihan dari melakukan root HP bagi pengguna ponsel Android:

Custom ROM

Manfaat Root HP penguna bisa mengunduh cutome ROM tambahan. Sistem operasi Android memang merupakan sitem yang bekerja secara open-source. Dengan begitu, orang tertentu dapat dengan mudah mengotak-atik sistem sesuai keinginannya.

Android sendiri memiliki banyak sekali skin yang dapat pengguna pakai secara percuma. Hanya saja ponsel harus sudah mendapat root access.

Dapat Menghapus Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan ponsel sering kali sangat mengganggu dan memakan cukup banyak memori. Terkadang aplikasi bawaan juga tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Cara untuk menghapus aplikasi bawaan adalah dengan root HP.

Memblokir Iklan

Iklan yang berseliweran pada ponsel sangat menjengkelkan. Bahkan sering kali ponsel menampilkan iklan tidak jelas. Akses root pada ponsel dapat memblokir berbagai iklan yang muncul. Gunakan aplikasi AdAway pada ponsel untuk menghilangkan iklan tanpa sisa.

Mengunduh Aplikasi Tertentu

Melalui proses rooting ponsel bisa memberikan akses keberbagai aplikasi. Pengguna bisa mengunduh aplikasi tertentu tanpa perlu khawatir terblokir.

Jika memblokir iklan membutuhkan aplikas AdAway, untuk mengistal aplikasi tertentu memerlukan aplikasi bernama Greenify. Aplikasi ini membantu mengunduh aplikasi tertentu yang tidak terdapat di Google Play Store atau Apple Store.

Greenify juga mampu menghemat baterai ponselmu. Walaupun aplikasi ini tetap bisa berjalan tanpa root tapi ada beberapa fitur pada Greenify yang memerlukan root access.

Baca Juga:

Kekurangan Root HP

Melakukan rooting pada android juga ada kekurangannya. Apa kekurangan root HP berikut beberapa diantaranya:

Proses Cukup Rumit

Ada banyak sekali tutorial root ponsel di internet. Namun caranya tidaklah mudah, belum lagi pada prosesnya membutuhkan perangkat tambahan seperti PC atau laptop.

Cara root pada setiap merk HP berbeda-beda sebab setiap merk HP memiliki skin Android keluaran mereka sendiri. Untuk pemula yang baru pertama melakukan root HP sebaiknya berhati-hati. Dalam prosesnya root HP acap kali gagal.

Berujuang Bricked Phone

Bricked Phone merupakan kerusakan yang terjadi pada sistem operasi atau firmware saat proses root HP. Jika sudah terjadi masalah seperti ini posel tidak bisa digunakan.

Masalah seperti ini sebenarnya sangat jarang terjadi dan biasanya terjadi saat mencoba menginstal custome ROM.

Rentan Terkena Virus

Karena mendapat akses yang cukup luas untuk memodifikasi, ponsel akan rentan terkea virus. Untuk itu saat mengistal aplikasi tertentu apalagi aplikasi illesgal pastikan sudah bersih dari virus.

Walaupun banyak manfaat dari root HP tapi dalam proses dan pengaplikasikannya tidak selalu menguntungkan. Sebaiknya lakukan proses root dibawah pengawasan ahli untuk meminimalisir terjadinya kerusakan fatal.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !