M1 Ultra Lengkapi Jajaran Chipset Apple M1 Series

ARUSGADGET – Pada acara ‘Peek Performance’, Apple juga merilis System on Chip (SoC) yang mengusung nama M1 Ultra. SoC terbaru ini melengkapi keberadaan jajaran chipset khas Apple.

Untuk M1 Ultra tentunya memiliki performa yang lebih kencang daripada varian lainnya karena mengusung dimensi yang lebih besar daripada yang lainnya. Ukurannya bahkan mencapai empat kali lipat.

Besarnya chipset terbaru ini adalah karena menggabungkan dua M1 Max yang terkoneksi akibat adanya UltraFusion. UltraFusion ini memiliki jalur data yang besar, yaitu mencapai 2,5 TBps yang berfungsi untuk memaksimalkan performa chipset ini.

Performa Chipset Apple M1 Ultra

Spesifikasi yang ada pada chipset ini tentunya memiliki performa yang lebih kencang daripada chipset M1 Max. Chipset ini mencakup CPU 20 core yang berteneaga meliputi 16 core untuk performa kencang dan empat core untuk performa yang efisien. Untuk core lainnya ada core GPU yang jumlahnya masif sebanyak 64 core dan Neural Engine yang hebat sebanyak 32 core.

BACA JUGA : Apple M2 : Chipset Powerful untuk Tenaga Mac

Selain itu, chipset ini juga memiliki akselerasi hardware ProRes dan juga keberadaan unified memory dengan kapasitas besar. Chipset ini juga mendukung keberadaan RAM 128 GB yang kecepatannya lebih besar delapan kali lipat.

Perbandingan lain untuk membuktikan performa chipset terbaru ini lebih kencang adalah melihat chipset lain seperti Intel Core i9-12900K yang memiliki RAM DDR5 sebagai perbandingan CPU. Selain itu, untuk perbandingan GPU-nya, Apple M1 Ultra menggandeng Nvidia Geforce RTX 3090.

Melalui performa ini, maka Apple menyimpulkan bahwa performa CPU nya memiliki performa lebih baik daripada 16 core untuk PC dan konsumsi daya yang lebih irit daya 100W. Performa GPU Apple M1 Ultra memiliki performa yang setara dengan diskrit tertinggi dan konsumsi daya yang lebih hemat 200W.

Untuk penerapannya, Apple akan menerapkan chipset terbaru M1 Ultra pada perangkat terbarunya yang bernama Mac Studio. Mac Studio ini merupakan produk terbaru dari Apple yang rilis pada acara yang sama pada 9 Maret kemarin.

BACA JUGA : MacBook Pro 13 inci dengan Chipset M2 Rilis Bulan Depan

Bagikan !

Tinggalkan komentar