Linux Bergerak Cepat Perbaiki Celah Keamanan

ARUSGADGET – Linux merupakan salah satu sistem operasi untuk kategori komputer. Meskipun sistem operasi lain seperti Windows dan MacOS lebih terkenal serta memiliki banyak pengguna, Linux justru lebih mumpuni dalam perbaiki celah keamanan pada komputer.

Dalam sebuah riset, Linux memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada sistem operasi komputer lain. Meskipun memiliki lebih banyak pengguna, tak lantas membuat Windows dan MacOS menempati posisi teratas perihal keamanan.

Ini bukan berarti Linux menjadi OS yang paling aman. Tetapi, sistem operasi ini hadir dengan pengembang yang bergerak cepat untuk memperbaiki celah keamanan.

Programmer Handal di Belakang Layar Linux

Linux

Programmer bergerak sangat progresif dalam menangani tiap ancaman keamanan. Bergerak dari perbaikan yang memakan waktu satu bulan lamanya, kini sistem operasi tersebut menjalani perbaikan hanya selama 25 hari bahkan cukup dengan dua minggu saja.

BACA JUGA :

Hal ini tentu berbeda dengan sistem operasi yang penggunaannya lebih masif. Untuk kategori Microsoft, butuh waktu hampir 3 bulan dan MacOS 69 hari. Ini merupakan angka yang berkali lipat dengan perbaikan yang menggaet programmer Linux.

Google dan Mozilla berada pada tingkatan dengan perbaikan selama 44 dan 46 hari dan perbaikan terlama jatuh kepada respon Oracle. Pasalnya, Oracle memperbaiki bug hingga 109 hari.

Sistem Operasi pada Ponsel, Mana yang Lebih Unggul?

Android vs iOS

Selain keunggulan yang ada dalam perangkat komputer. Perangkat ponsel juga tentu memiliki sistem operasi yang berbeda-beda untuk tiap jenis ponsel. Sistem operasi pada ponsel adalah iOS dan Google Android.

Versi tertinggi dari sistem operasi yang kita ketahui saat ini adalah iOS 15 dan Google Android 12. Menurut riset milik Google Project Zero ini, iOS memperbaiki bug lebih cepat dengan laporan yang lebih banyak.

BACA JUGA :

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !