Kyocera DuraXV Extreme, HP Rp3,6 Juta yang Bisa Dicuci dengan Sabun

Sejak merebak di Wuhan, China pada awal tahun 2020 ini, tak ada yang menduga kalau Covid-19 bisa menjadi pandemi yang sangat mengerikan. Sampai hari Rabu (29/4) kemarin, sudah lebih dari 3,1 juta penduduk dunia terjangkit penyakit yang berasal dari strain coronavirus tersebut.

Tak ingin terkena penyakit serupa, kini kesadaran manusia terhadap gaya hidup sehat dan bersih pun semakin didengungkan. Banyak dokter dan ahli kesehatan yang berujar jika virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 ini, bisa musnah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Tak heran kalau siapapun itu, dianjurkan untuk sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Tangan memang menjadi salah satu perantara SARS-Cov-2 masuk ke dalam tubuh manusia. Apalagi tangan begitu sering memegang banyak benda, yang mana bisa saja salah satu permukaan benda itu sudah terkontaminasi virus. Salah satu benda yang dipegang manusia sepanjang hari dan bisa jadi media penularan virus adalah HP alias ponsel.

Baca juga: Infinix Note 7 Lite, HP Rp1,9 juta dengan 4 Kamera Belakang

Agar tetap higienis, Anda pun harus sadar diri untuk membersihkan permukaan dan layar ponsel lantaran gawai ini memang sering menyentuh tangan dan sebagian wajah. Namun seolah tak ingin membuat orang-orang ribet, Kyocera melakukan langkah inovatif lewat ponsel yang bisa dicuci dengan sabun!

Kyocera DuraVX Extreme, Cocok Saat Pandemi Covid-19

Kyocera DuraXV Extreme disemprot disinfektan
© PCMag

Yap, Anda tidak salah baca apa yang disinggung di atas. Kyocera memang melakukan langkah berani dengan merilis DuraXV Extreme. Seperti namanya, produk terbaru pabrikan ponsel asal Amerika Utara ini memang mempunyai daya tahan yang ekstrim.

Jika banyak orang sangat berhati-hati dalam penggunaan alkohol atau disinfektan untuk membersihkan layar ponsel dari bakteri atau virus, tidak dengan DuraXV Extreme. Ponsel lipat yang satu ini bahkan bisa dicuci dengan sabun ringan, tisu pembersih, etanol hingga 70% atau alkohol isopropil tanpa masalah.

Namun dalam penampilannya, DuraXV Extreme memang tak bisa disamakan dengan smartphone-smartphone lipat modern masa kini seperti Samsung Galaxy Z Flip maupun Motorola Razr. Yap, Kyocera memang mendesain DuraXV Extreme seperti layaknya HP lipat model jadul sebelum era smartphone berakses internet menginvasi peradaban.

Tetapi kalau melihat kondisi pandemi Covid-19 yang terus memburuk, DuraXV Extreme bisa menjadi HP yang sangat inovatif. Kalangan pekerja medis yang sehari-hari harus bergelut dengan SARS-Cov-2 mungkin bisa mempertimbangkan membeli Kyocera DuraXV Extreme ini.

Spesifikasi Kyocera DuraXV Extreme

tampilan Kyocera DuraXV Extreme
© PCMag
  • Sistem Operasi: (proprietary) based on AOSP (Android Open Source Project)
  • SIM: Nano-SIM
  • Ukuran Layar: 2.6″ TFT, 320 x 240 piksel
  • Layar Tambahan: Monokrom OLED, 1.08″, 102 x 90 piksel
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 215
  • CPU: 1.2 GHz
  • Internal/RAM: 16 GB/2 GB
  • Kamera Utama: 5+ MP (hanya di beberapa versi)
  • Koneksi Internet: WCDMA/LTE
  • Kapasitas Baterai: 1770 mAh

Baca juga: Imbas Covid-19, Samsung Bakal Rilis Ponsel 5G Murah

Melihat tampilan spesifikasi di atas, bisa disimpulkan kalau DuraXV Extreme memang jauh dibandingkan dengan ponsel flip masa kini. Mulai dari layar yang belum touchscreen, absennya kamera selfie hingga akses internet yang jelas tidak mumpuni.

DuraXV Extreme cukup sadar diri bahwa dirinya memang bukan ponsel pintar dengan segudang fitur. Bahkan sekalipun sudah dibekali sistem operasi Android yang dimodifikasi, gawai ini memang berfungsi selayaknya ponsel di masa lalu yakni cuma sebagai alat berkomunikasi.

Alih-alih layar sentuh, Anda yang biasa menggunakan smartphone harus beradaptasi lagi untuk bisa mengoperasikan DuraXV Extreme. Karena Kyocera memberikan tombol fisik untuk menggunakan DuraXV Extreme. Namun tenang saja, DuraXV Extreme masih bisa digunakan untuk berselancar karena adanya aplikasi browser, e-mail, navigasi hingga chat.

Berpindah ke bagian kamera, Kyocera membenamkan satu kamera saja untuk DuraXV Extreme di bagian belakang pada bodi layar dengan ukuran lensa 5 MP. Tak hanya lensa kamera, Kyocera juga menambahkan LED flash. Kamera DuraXV Extreme ini mampu merekam video HD hingga 720p dan timer untuk auto-focus.

Internal Menarik, Bodi Ponsel Super Tangguh

tampilan Kyocera DuraXV Extreme
© Slashgear

Kendati dari segi tampilan dan fungsi membuat DuraXV Extreme memang tampak seperti ponsel jadul, Kyocera tetap percaya diri. Bahkan bisa dibilang kalau kemampuan internal alias dapur pacu dari DuraXV Extreme ada dalam kategori cukup memuaskan.

Menggunakan chipset Snapdragon 215, DuraXV Extreme bisa berproses hingga kecepatan 1.1 GHz. Apalagi adanya RAM sebesar 2 GB dan internal 16 GB, performa DuraXV Extreme tentu tak akan mengecewakan jika digunakan untuk telepon sanak keluarga yang menjalani social dan physical distancing.

Bahkan ponsel mungil ini bisa menerima microSD hingga 512 GB, membuat Anda dapat menyimpan file-file penting. Namun jangan takjub dulu, karena ketangguhan DuraXV Extreme ini benar-benar ekstrim dan bisa bikin siapapun melongo. Pertama, ponsel yang baterainya bisa dilepas ini, dapat terus bertahan selama lebih dari 18 hari saat kondisi siaga.

Kemudian berikutnya, DuraXV Extreme mempunyai 100db+ dari speaker yang dihadapkan ke arah depan serta mikrofon ganda yang mampu meredam bising. Dan terakhir, keunggulan yang membuat DuraXV Extreme mampu mengalahkan aneka smartphone masa kini adalah ruggedization, sertifikat MIL-SPEC 810G yang dimiliki.

Lewat sertifikat itu, HP yang didistribusikan Kyocera lewat operator telekomunikasi Verizon ini punya kemampuan anti debu, radiasi matahari, guncangan, kabut garam, getaran, kelembapan, suhu ekstrem, hujan/hujan es sampai tekanan rendah. Seperti yang dilansir Slashgear, DuraXV Extreme tak akan hancur alias rusak sekalipun terjatuh dari ketinggian lima kaki ke arah beton.

Baca juga: Murah Meriah, Xiaomi Jual Redmi 8A Pro Seharga Rp1,6 Juta

DuraXV Extreme juga dapat bertahan dalam rendaman air sampai 30 menit, serta tentunya dicuci tanpa masalah dengan sabun sekalipun. Melihat kemampuan yang diusung dan spesifikasi yang ditawarkan, Kyocera dan Verizon akhirnya menargetkan DuraXV Extreme tidak ke masyarakat umum.

Kyocera menyebutkan kalau ponsel mungil yang sangat tangguh ini diperuntukkan kepada mereka para pekerja lapangan, yang harus tetap berjuang di lingkungan keras sekalipun saat ini tengah pandemi Covid-19. Dengan melihat kelebihan dan kekurangannya, DuraXV Extreme dijual Kyocera mulai US$240 (sekitar Rp3,6 juta). Tertarik?

Kyocera Pernah Rilis Ponsel Tahan Banting

tampilan Kyocera Torque
© CNet

Melihat kemampuan yang ditawarkan DuraXV Extreme, Kyocera seolah membuktikan kalau mereka adalah vendor ponsel-ponsel tangguh. Benar, DuraXV Extreme bukanlah HP dengan kemampuan fisik hebat yang pertama dirilis Kyocera. Bahkan tujuh tahun lalu, DuraXV Extreme pernah merilis HP yang juga tak kalah tangguhnya.

Mengusung nama Torque, Kyocera mengenalkan ponsel tahan banting dengan harga murah meriah dalam panggung Mobile World Congress 2013 di Barcelona, Spanyol. Saat itu, Kyocera memang mengakui bahwa perusahaan mereka belumlah sebesar Samsung, Apple, Nokia atau produsen HP raksasa lainnya. Tetapi perusahaan yang aslinya berasal dari Jepang ini menyebut sebagai pihak yang sangat inovatif.

Sama seperti DuraXV Extreme, Torque juga bisa membuat smartphone flagship akan langsung minder berkat kemampuan fisiknya. Kyocera mengklaim bahwa Torque tak akan rusak sekalipun jatuh, dilempar hingga tercebur. Torque disebut-sebut mampu bertahan di dalam air selama 30 menit lamanya.

Berbeda dengan DuraXV Extreme, Torque tampil dengan layar sentuh dan sudah berbasis Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Salah satu kemampuan Torque yang menakjubkan adalah adanya fitur unik Smart Sonic Receiver. Lewat fitur ini, Anda tak perlu mendekatkan speaker ke telinga saat menelepon, karena Torque bisa ditempelkan ke bagian kepala manapun.

Baca juga: Baterai 6000 mAh dan Kamera 64MP, Samsung Galaxy M31 Dijual Rp3,6 Juta

Lhoh, memangnya bisa berbicara dengan penerima telepon? Tenang saja, durable ceramic actuator pada Torque bisa menghasilkan suara melalui aliran vibrasi minim ke telinga. Dengan kemampuannya itu, Torque lagi-lagi membuktikan kalau Kyocera memang sangat layak dimiliki para pekerja lapangan yang tangguh.

Kesimpulan

Bagi Anda yang mencari smartphone canggih dengan kemampuan selfie dan spesifikasi handal untuk gaming, Kyocera DuraXV Extreme jelas bukanlah jawabannya. DuraXV Extreme diberkahi bodi yang luar biasa tangguh dalam segala kondisi, membuat ponsel ini sangat cocok untuk pekerja lapangan yang mayoritas membutuhkan HP sebagaimana fungsi aslinya, yakni alat komunikasi. Hanya saja, lantaran brand Kyocera di Tanah Air tidak sepopuler pabrikan lain, Anda haruslah bijaksana untuk membelinya.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !