4 Keunggulan Baterai Tanam yang Jarang Kamu Ketahui, Apa Saja?

ARUSGADGET – Ternyata beragam keunggulan baterai tanam merupakan salah satu alasan mengapa ponsel di zaman sekarang mengusung baterai tanam di bodi ponselnya. Saat ini, ponsel dengan baterai yang bisa dicopot pasang sudah jarang ditemukan di pasaran. Untuk ponsel dengan baterai yang masih bisa dilepas mungkin hanya tersedia pada ponsel yang rilis 10 tahun yang lalu.

Dulu, kebanyakan ponsel menggunakan baterai dengan konsep removable-battery yang memungkinkan baterai untuk dilepas dan dipasang kembali.

Mengingat saat itu, pengguna ponsel akan melepaskan baterai dari ponsel jika ponsel mulai dirasa nge-hang atau mengalami masalah lainnya yang membuat ponsel macet sehingga ponsel bisa langsung mati. Kemudian, untuk pengisian daya, kita juga familiar dengan desktop yang dapat mengisi daya baterai removable.

Namun, teknologi ponsel dengan removable battery kini memang sudah tidak berlaku lagi. Keunggulan baterai tanam menjadi daya tarik bagi produsen ponsel untuk mengusung baterai tanam di dalam ponsel.

Keberadaan baterai tanam pada ponsel diawali dengan inovasi yang diusung oleh perusahaan besutan Steve Jobs dengan mengusung baterai tanam mulai dari 2007 hingga sekarang inovasi tersebut menjadi marak digunakan. Menyusul kompetitornya, Samsung juga mengusung konsep yang sama dalam produk Samsung Galaxy S6 di tahun 2016.

Keunggulan Baterai Tanam

Samsung Galaxy S6 bawa keunggulan baterai tanam
Samsung Galaxy S6 : Ponsel Samsung dengan baterai tanam pertama kali.

Di zaman sekarang, keberadaan ponsel dengan baterai removable semakin sulit untuk ditemukan. Meskipun begitu, ada beberapa keunggulan baterai tanam yang menjadi teknologi baru bagi ponsel di zaman sekarang.

Bisa Anda simak keunggulan baterai tanam yang mungkin tidak Anda sadari saat menggunakan ponsel dengan konsep non-removable battery.

BACA JUGA :

Pemakaian Lebih Lama dalam Sekali Pengisian

Keunggulan Baterai Tanam Li-Ion dan Li-PO

Keunggulan baterai tanam yang pertama adalah mengusung teknologi yang membuat baterai memiliki ketahanan lebih lama dibandingkan dengan baterai lepas pasang. Hal ini dikarenakan kandungan Lithium Ion (LI-ion) atau Lithium Polimer (Li-Po) pada baterai tanam membawa teknologi yang membuat pengisian daya berjalan lebih cepat.

Kemudian, dengan membawa baterai tanam, maka hanya dengan melakukan sekali pengisian daya, ponsel dapat lebih bisa tahan dalam waktu yang lebih lama.

Baterai lepas pasang lebih mudah mengalami drop pada baterai karena membawa teknologi yang berbeda dengan baterai tanam dan membutuhkan pengisian daya yang lebih lama. Keunggulan baterai tanam bisa juga diasumsikan sebagai teknologi yang hemat baterai.

Tahan dengan Percikan Air

Keunggulan baterai tanam tahan percikan air

Keunggulan baterai tanam yang sekarang marak diterapkan pada ponsel adalah ketahanan percikan air yang lebih tinggi daripada ponsel dengan baterai lepas pasang.

Hal ini dikarenakan ponsel dengan baterai tanam tentu memiliki kerapatan bodi yang lebih ketat agar pengguna tidak melakukan lepas pasang baterai sembarangan.

Ponsel dengan baterai lepas pasang memiliki banyak celah pada ponsel, terlebih jika baterai mengalami kembung, maka ponsel tidak akan tertutup rapat sehingga lebih sensitive terhadap percikan air.

Jika terkena percikan air, maka air akan lebih mudah memasuki celah ponsel dan selanjutnya mempengaruhi bagian dalam ponsel. Oleh karena itu, keunggulan baterai tanam selanjutnya adalah tahan terhadap percikan air.

Peningkatan Keamanan

Keunggulan baterai tanam selanjutnya adalah dengan membawa peningkatan keamanan tersendiri pada ponsel. Pasalnya, ponsel dengan baterai tanam tidak mudah dilepas pasang sembarangan jadi daya tidak akan langsung mati saat dicuri.

Jika daya pada baterai masih ada, maka akan lebih mudah bagi pengguna untuk melakukan pelacakan pada ponsel sehingga ponsel masih memungkinkan untuk kembali pada pengguna.

Ponsel dengan baterai lepas pasang akan memugkinkan siapa saja untuk mencabut daya dari ponsel. Jika ponsel mudah dicabut dayanya, maka pelacakan pada ponsel akan lebih sulit, karena ponsel bisa saja sudah dimatikan oleh pencurinya dengan cara mencabut baterai.

Ponsel Lebih Ringan

Keunggulan baterai tanam di ponsel
Ponsel dengan Baterai Tanam

Keunggulan baterai tanam lainnya adalah ponsel akan menjadi lebih ringan. Baterai lepas pasang membutuhkan bahan ekstra untuk melindungi baterai sehingga membuat baterainya lebih tebal.

BACA JUGA :

Namun, dengan baterai tanam, maka memungkinkan ponsel untuk memiliki bobot yang ringan. Bisa dibandingkan ponsel baterai lepas-pasang memiliki desain yang lebih tebal. Sedangkan, untuk ponsel yang lebih baru yang ada sekarang justru memiliki desain yang lebih ramping dan juga ringan.

Itulah keunggulan baterai tanam yang mungkin belum pernah terpikirkan di benak Anda. Keunggulan tersebut memang membawa ketahanan yang lebih pada baterai, tetapi penggunaan ponsel juga harus tetap diatur dengan baik agar baterai dan juga ponselnya tidak mudah rusak, mengingat jika baterai tanam rusak, maka akan lebih sulit untuk memperbaikinya karena perlu membongkar isi ponsel.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !

Tinggalkan komentar