iPhone 6 Series Tidak Lagi Dukung Aplikasi Twitter, Salah Satunya Sudah Berada dalam Vintage List

ARUSGADGET – Apple telah menetapkan dua model iPhone 6 series untuk masuk ke dalam Vintage List milik Apple yang menyebabkan ponsel ini tidak akan mendukung pembaruan sistem operasi ke versi paling atas. Selain itu, akibat dari masuknya salah satu dari dua model iPhone ke dalam Vintage List tersebut, dukungan terhadap Twitter tidak lagi berlaku bagi ponsel ini.

iPhone 6 series yang masuk ke dalam Vintage List adalah iPhone 6 dan juga iPhone 6 Plus dengan pembaruan terbaru yang mentok di sistem operasi iOS 13.

Sedangkan, yang kita lihat saat ini, Apple sudah merilis iOS 15 dan berencana akan meluncurkan iOS 16 untuk para pengguna iPhone.

Selain itu, untuk mendukung keberadaan Twitter, seminimalnya iPhone harus berada dalam sistem operasi iOS 14 yang berarti iPhone 6 dan 6 Plus sudah tidak bisa lagi membuka aplikasi Twitter dengan maksimal.

Software Dua Model iPhone Sudah Tidak Kompatibel

Beberapa fitur yang ada dalam aplikasi Twitter sudah tidak bisa lagi digunakan dalam perangkat iPhone 6 dan 6 Plus tersebut.

Meskipun iPhone 6 series tersebut masih bisa mengoperasikan atau melakukan instalasi aplikasi Twitter, namun fitur yang ada dalam aplikasi justru tidak berjalan dengan maksimal. Hal tersebut tentu akan mengganggu pengguna.

Dalam segi tweet yang ada di timeline memang masih bisa terlihat, namun ada beberapa fitur yang tidak kompatibel dengan dua model iPhone tersebut.

Tetapi, iPhone 6 series tersebut tidak bisa lagi melihat tweet yang tertera pada akun profil dan tidak dapat melakukan retweet, membalas tweet, atau menyukai tweet.

Belum diketahui apakan Twitter juga membatasi unggahan tweet yang bisa dilakukan oleh iPhone 6 dan 6 Plus.

BACA JUGA : iOS Terbaru 15.4.1 Bawa Pembaruan Agar Baterai iPhone Tidak Boros Seperti yang Dikeluhkan

Pernah Terjadi di iPhone 5s

Tidak hanya dua model iPhone 6 series, iOS 12 yang merupakan batas maksimal dari iPhone 5 juga pernah mengalami hal serupa di awal tahun 2021.

Ini kemudian membuat iPhone 5s tidak bisa lagi menggunakan Twitter dengan maksimal.

Selanjutnya, dengan keberadaan pembaruan iOS terbaru iOS 15, maka Twitter juga kini sudah tak lagi mendukung sistem operasi iOS 13.

Pembaruan iOS ini menyebabkan dua model iPhone 6 series sudah tidak bisa memperbarui aplikasi Twitter ke versi paling terbaru.

Jika pengguna dua model iPhone 6 series ingin tetap menikmati aplikasi Twitter dengan maksimal, maka satu-satunya cara adalah dengan membuka Twitter melalui situs web resmi Twitter.

Selain itu, Twitter tidak lagi mendukung iOS 13 lantaran Apple juga telah merilis riset di mana saat Apple mengeluarkan sistem operasi terbarunya iOS 15.

Ada sekitar 63 persen pengguna yang melakukan pembaruan sistem operasi dan hanya 7 persen yang masih beroperasi dengan iOS 13 dan versi lain di bawahnya.

Melalui riset tersebut, maka beberapa penghapusan dukungan fitur dari Twitter pada dua model iPhone 6 series tersebut tidak akan berdampak pada sebagian besar pengguna lantaran jumlahnya yang hanya 7 persen.

Vintage List Apple

Selain penyebab dari mentoknya sistem operasi yang hanya sampai pada iOS 13, dua model iPhone 6 series sebagai model paling laris sepanjang sejarah ini memang sudah ketinggalan zaman. Namun demikian masih memiliki jumlah pengguna yang banyak.

Apple sendiri mengklaim bahwa salah satu dari dua model iPhone 6 series sebenarnya sudah bisa disebut ponsel yang kuno dan telah resmi dikategorikan dalam daftar Vintage List yang diusung oleh Apple.

iPhone 6 Plus merupakan model iPhone yang baru saja memasuki Vintage List Apple pada bulan Februari tahun ini.

Daftar Vintage List tersebut merupakan daftar yang memuat berbagai perangkat Apple yang dianggap sudah tua, kuno, antik, maupun lawas.

Apple juga memasukkan produknya dalam Vintage List jika Apple sudah tidak melakukan distribusi produk lebih dari 5 tahun selama kurang dari 7 tahun.

Sedangkan, model iPhone 6 Plus merupakan produk yang diluncurkan pada tahun 2014 dan menghentikan penjualan produk iPhone 6 Plus pada September 2016.

Sudah lebih dari 5 tahun, bahkan 6 tahun Apple tidak merilis produk iPhone 6 Plus sampai dikategorikan dalam Vintage List milik Apple.

Sedangkan untuk iPhone 6, Apple telah menghentikan penjualan iPhone 6 pada tahun 2018 yang membuatnya belum masuk ke dalam Vintage List Apple.

Sebagai pengguna iPhone 6 series yang mungkin mengalami ketidaknyamanan karena tidak bisa lagi menggunakan aplikasi Twitter.

Alangkah baiknya untuk mengganti seri model iPhone ke versi yang lebih atas.

iPhone 7 series sendiri bisa menjadi pilihan untuk mengganti iPhone 6 series yang dimiliki pengguna jika masih ingin mendapatkan iPhone dengan harga terjangkau.

Namun, ada baiknya untuk membeli iPhone dengan seri di atas iPhone 7, bahkan sangat disarankan untuk membeli iPhone keluaran terbaru yaitu iPhone 13 jika memang memiliki budget yang mencukupi untuk membeli iPhone baru.

Pasalnya, Apple memang getol untuk melakukan pembaruan iOS yang menyebabkan beragam seri lama.

Seiring berjalannya waktu sudah tidak kompatibel dengan berbagai aplikasi maupun fitur yang akan mengganggu produktivitas penggunanya.

BACA JUGA : iPhone 14 Pro Series Bawa Ukuran Kamera Lebih Besar dengan Resolusi 48 MP

Bagikan !