Inilah 5 Cara Mengaktifkan WiFi Laptop Atau Komputer

ARUSGADGET– Hampir semua jenis laptop yang ada saat ini sudah dibekali dengan adapter WiFi. Dengan jaringan WiFi kita bisa berselancar di internet tanpa perlu lagi bantuan kabel ataupun modem. Beginilah cara mengaktifkan WiFi Laptop ataupun Komputer yang bisa kamu coba sendiri.

Cara Mengaktifkan WiFi Laptop ataupun Komputer

1. Menggunakan Tombol WiFi

Cara yang pertama ini merupakan yang paling mudah untuk mengaktifkan WiFi. Beberapa jenis laptop menyediakan tombol khusus untuk menghidupkan dan mematikan WiFi. Tombol ini biasanya terdapat di atas atau di samping keyboard tergantung dari laptop yang Anda gunakan.

Untuk mengaktifkannya, Anda hanya tinggal menekan tombol tersebut. Tombol tersebut biasanya juga dilengkapi dengan lampu indikator yang akan menyala ketika WiFi aktif. Sedangkan untuk mematikannya, Anda juga tinggal menekan tombol tersebut kembali hingga lampunya mati.

2. Menggunakan Tombol FN

Jika laptop Anda tidak dilengkapi dengan tombol khusus untuk WiFi, maka cara yang kedua ini kemungkinan besar bisa Anda gunakan. Ya, hampir semua laptop sudah menyiapkan tombol function khusus untuk mengaktifkan WiFi. Tombol function tersebut berupa kode F1 hingga F12 dan terletak di atas tombol angka.

BACA JUGA:

Pertama-tama, silahkan cari terlebih dahulu tombol function mana yang terdapat simbol WiFi di atasnya. Sebagai contoh jika ikon WiFi tersebut ada di tombol F10, maka cara mengaktifkannya Anda hanya tinggal menekan tombol Fn dan F10 secara bersamaan.

Terkadang di atas tombol function tersebut ada lampu indikator yang menunjukan bahwa WiFi telah menyala dan ada juga yang tidak. Nah untuk mematikannya, Anda juga hanya tinggal menekan tombol Fn dan F10 kembali secara bersamaan.

3. Melalui Windows Mobility Center

Untuk Windows 7, klik tombol Start di taskbar sebelah kiri lalu pilih opsi Control Panel.

Sementara untuk Windows 8, sapukan kursor ke pojok kanan layar, pilih opsi Settings, lalu pilih Control Panel.

Setelah masuk ke Control Panel, pilih opsi “Adjust commonly used mobility settings” yang ada di bawah kategori “Hardware and Sound”.

Selanjutnya akan muncul sebuah jendela yang berisi berbagai macam ikon seperti volume, display dan lainnya. Nah, pada bagian WiFi silahkan klik tombol “Turn wireless on”.

Silahkan lihat taskbar sebelah kanan, jika ada logo wireless berarti koneksi WiFi Anda sudah menyala.

4. Mengaktifkan WiFi Windows 8

Laptop dengan sistem operasi Windwos 8 sudah memiliki pengaturan untuk mematikan dan menghidupkan WiFi tersendiri, sehingga mungkin saja Anda belum menghidupkannya dari pengaturan ini. Berikut langkah-langkah untuk mengaksesnya:

  • Sapukan kursos ke kanan layar hingga muncul charms bar, lalu pilih Settings.
  • Pilih opsi “Change PC Settings”, lalu pilih “Network”.
  • Jika bagian “Airplane Mode” menyala, silakan matikan terlebih dahulu karena WiFi tidak bisa menyala ketika Airplane Mode Aktif.
  • Pada bagian “Wireless Device”, silakan nyalakan opsi “WiFi”.

5. Mengaktifkan WiFi di Windows 10

Sama seperti Windows 8, sistem operasi Windows 10 juga memiliki pengaturan WiFi tersendiri yang cukup mudah untuk diakses. Nah bagi Anda yang laptopnya sudah menggunakan Windows 10, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik ikon network yang ada di Taskbar (biasanya berbentuk logo sinyal wifi).
  • Jika Airplane Mode menyala, silakan matikan terlebih dahulu dengan cara meng-klik ikon Airplane Mode.
  • Nyalakan WiFi dengan meng-klik ikon WiFi.
Bagikan !