Inilah 2 Cara Mengirim Aplikasi Dengan Mudah Menggunakan Smartphone

ARUSGADGET- Mengirim data adalah hal yang biasa dilakukan. Namun mengirim aplikasi adalah hal yang jarang orang lakukan. Lalu bagaimana cara mengirim aplikasi ke sesama pengguna smartphone? Berikut cara mengirim aplikasi menggunakan bluetooth dan aplikasi.

Dalam melakukan komunikasi pastinya sering dari kita saling mengirim data, dokumen bahkan audio. Semua itu bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi chat seperti telegram, whatsapp dan line.

Tidak hanya menggunakan aplikasi chat, bisa juga menggunakan fitur pada smartphone yaitu Bluetooth. Mengirim data menggunakan Bluetooth tidak memerlukan jaringan internet dan juga lebih efisien.

Selain mengirim data dan dokumen, terkadang kita juga ingin mengirim sebuah aplikasi ke pengguna lain. Namun bagaimana cara mengirim aplikasi?

Jika kita ingin mengrim aplikasi ke sesama pengguna smartphone, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama dengan menggunakan Bluetooth dan yang kedua menggunakan aplikasi. Sebelum membahasnya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu bluetooth.

BACA JUGA:

Apa Itu Bluetooth?

Sebagai pengguna media elektronik sudah tidak asing lagi pastinya dengan istilah Bluetooth. Bluetooth merupaakan jaringan kawasan pribadi tanpa kabel yang bisa digunakan untuk menghubungkan serta bertukar informasi antar perangkat baik itu smartphone, printer, headset, laptop bahkan televisi.

Penggunaan bluetooth ini sudah semakin berkurang karena adanya teknologi WLAN atau Wifi. Meskipun sudah jarang yang menggunakan bluetooth, namun bluetooth tetap ada di setap smartphone.

Mungkin yang kita ketahui bluetooth hanya bisa digunakan untuk mengirim dokumen, data, foto, video dan audio saja. Namun ternyata bluetooth juga bisa digunakan untuk mentransfer atau mengirim aplikasi ke sesama pengguna smartphone loh. Lalu bagaimana caranya?

Cara Mengirim Aplikasi Ke Sesama Pengguna Smartphone

1 . Cara Mengirim Aplikasi Menggunakan Bluetooth

Mentransfer atau mengirim aplikasi menggunakan bluetooth bisa dikatakan lebih efisien dan cepat. Dengan menggunakan bluetooth tidak perlu lagi membutuhkan jaringan internet dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan lainnya.

Namun tidak semua smartphone bisa melakukan transfer aplikasi dengan menggunakan bluetooth. Namun semakin maju, semua ponsel pastinya akan memiliki fitur tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama sambungkan bluetooth kedua smartphone
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu kirim ke perangkat
  • Ketuk dan tahan aplikasi
  • Setelah itu pilih dan klik ikon share sperti yang ada pada gambar berikut ini
  • Jika sudah kamu bisa langsung pilih opsi berbagi berkas
  • Pilih ikon Bluetooth
  • Klik nama perangkat bluetooth yang ingin kamu kirim
  • Mintalah penerima untuk klik “Terima”
  • Jika sudah tunggu hingga proses transfer pengiriman data selesai

2 . Cara Mengirim Aplikasi Menggunakan Aplikasi

Aplikasi yang direkomendasikan untuk mengirim aplikasi yaitu Share It. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang ramah untuk digunakan dan tidak membingungkan.

Bagi pengguna pertama aplikasi Share It ini tidak akan bingung, karena sudah bisa langsung kirim file. Namun syaratnya sesama smartphone harus memiliki aplikasi ini.

Tidak hanya untuk mengirim aplikasi saja, namun Share It juga bisa mengirim beberapa dokumen lainnya seperti foto, video bahkan untuk ukuran yang cuku besar.

Kelebihan dari aplikasi Share It ini, pengguna bisa mengirim atau mentransfer data tidak membutuhkan waktu yang lama. Kurang dari satu menit semua data dan dokumen sudah selesai di transfer. Sekalipun video yang memiliki ukuran hingga 500 Mb pun, dapat dikirim kurang dari satu menit. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah Pertam buka aplikasi share it terlebih dahulu
  • Jika kamu ingin mengirim, maka bisa klik “Send” atau “mengirim”
  • Pilih file atau aplikasi yang ingin kamu kirim. Jika sudah langsung klik “Next”
  • Aplikasi Share It akan mendeteksi smartphone yang menggunakan Share It. Jika kamu sudah menemukan nama akun penerima bisa langsung kamu tekan.
  • Tunggu hingga proses pengiriman file selesai

Itulah dua cara mengirim aplikasi yang bisa kamu lakukan. Jika smartphone kamu sudah mendukung untuk mengirim aplikasi menggunakan bluetooth, maka kamu bisa memilih bluetooth.

Namun apabila kamu ingin versi lebih cepat dan mudah, kamu bisa menggunakan Share It. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk mencobanya. Selamat mencoba.

Bagikan !