Huawei Mate Xs 2 Resmi di China, Premium Foldable Smartphone Ditenagai Chipset Besutan Qualcomm

ARUSGADGET – Vendor ponsel Huawei memberikan warna baru untuk pasar smartphone lipat dengan merilis Huawei Mate Xs 2. Desainnya memiliki perbedaan dengan ponsel lipat lainnya untuk memberikan kesan premium.

Untuk menciptakan desain yang premium, Huawei memberikan material berkualitas tinggi. Bodi ponsel ini dibuat dengan fiberglass dan baja ringan namun tetap kuat. Penampang Huawei Mate Xs 2 menggunakan material microfiber.

Sebagai ponsel penerus Huawei Mate Xs, maka ponsel ini memiliki konsep yang sama. Keduanya menerapkan konsep lipatan kea rah luar. Hal ini yang membedakan ponsel lipat Huawei dengan ponsel lipat lainnya yang dilipat kea rah yang sebaliknya.

Berkat desain dan material kelas premium,Huawei Mate Xs 2 memiliki bobot ponsel 257 gram. Dimensi ponsel saat dilipat adalah 156.5 x 139.3 x 5.4 mm. Saat dilipat, ponsel ini memiliki dimensi 156.5 x 75.5 x 11.1 mm.

BACA JUGA : Bocoran Spesifikasi Huawei Mate X3 Ponsel Lipat Rilis Akhir Bulan

Performa Huawei Mate Xs 2

Performa Huawei Mate Xs 2

Chipset yang disematkan untuk Huawei Mate Xs 2 merupakan chipset besutan Qualcomm. Snapdragon 888 yang dirancang dengan arsitektur 5nm yang menopang performa ponsel. Chipset ini menggandeng CPU Octa-core yang memiliki keepatan clockspeed mencapai 2.84 GHz.

Selain perpaduan dengan Octa-core, Snapdragon 888 juga disandingkan dengan kartu grafis Adreno 660. Dukungan GPU ini akan memberikan ponsel ini kemampuan untuk mengolah kebutuhan grafis.

Berkat menggandeng chipset besutan Qualcomm, ponsel ini memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan internal kelas flagship. RAM yang dimiliki ponsel ini terdiri dari kapasitas 8 GB dan 12 GB.

Nantinya, RAM tersebut akan bersanding dengan penyimpanan internal ponsel dengan varian 256 GB dan 512 GB. Kapasitas jumbo tersebut tentunya akan memudahkan pengguna untuk menyimpan ribuan foto dan video.

Terlebih, Huawei Mate Xs 2 juga tetap memberikan dukungan perluasan dengan microSD. Kapasitas microSD yang kompatibel dengan ponsel ini mendukung hingga 256 GB. Dengan kapasitas jumbo dan tambahan microSD, maka pengguna tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Kamera Huawei Mate Xs 2

Kamera Huawei Mate Xs 2

Penyimpanan jumbo tersebut tentu harus dimanfaatkan dengan mengambil foto atau video sebanyak mungkin menggunakan Huawei Mate Xs 2. Pengguna juga bisa memanfaatkan kamera belakang yang memiliki konfigurasi triple camera.

Pertama, ada kamera utama Huawei Mate Xs 2 yang memiliki resolusi 5 MP f/1.8. Kemudian, ada kamera ultrawide dengan resolusi 13 MP f/2.2. Satu lagi ada kamera telefoto dengan resolusi 8 MP f/2.4 dengan 3x zoom dan Optical Image Stabilization (OIS).

BACA JUGA : Ponsel Huawei P50E Sudah Rilis Begini Spesifikasi Bawaannya

Ponsel ini menyediakan kamera depan untuk kebutuhan selfie dengan resolusi 10,7 MP ultrawide dengan bukaan lensa f/2.2.Kamera depan tersebut disematkan pada lubang layar dan diletakkan di sudut kanan atas layar ponsel.

Layar Huawei Mate Xs 2

Layar Huawei Mate Xs 2

Berbicara tentang layar, Huawei Mate Xs 2 memiliki dua ukuran layar, yaitu saat dilipat dan saat dibentangkan. Ukuran layar ponsel ini adalah 6,7 inci dan jika dibentangkan maka akan menjadi 7,8 inci.

Layar ponsel ini menggandeng panel OLED yang memiliki resolusi 2480 x 2200 piksel saat dibuka lipatannya. Kemudian saat ponsel dalam keadaan terlipat, maka resolusinya berubah menjadi 2480 x 1176 piksel.

Teknologi yang disematkan untuk layar ini meliputi refesh rate 120Hz dengan touch sampling rate 240 Hz. Ponsel ini juga memiliki kerapatan piksel 424 ppi. Bagian dalam layarnya didukung dengan tampilan dari antarmuka khas vendor ini.

Akibat dari sanksi AS, Huawei tidak boleh menggunakan sistem operasi Android untuk ponselnya. Namun, Huawei memberikan alternatif dengan cara menyediakan HarmonyOS 2 dengan antarmuka khasnya.

Dengan HarmonyOS, maka Huawei Mate Xs 2 tidak akan menggandeng toko aplikasi Google Play Store. Huawei menyediakan AppGallery dengan 300 aplikasi yang tersedia dalam toko tersebut.

Ketahanan baterai ponsel Huawei Mate Xs 2 memiliki kapasitas mumpuni sebesar 4.600 mAh. Baterai tersebut mendukung fast charging dengan daya 60W. Klaim dari teknologi ini adalah pengisian cepat 90% dalam 30 menit saja. Ketahanan ini juga didukung dengan sistem pendingin liquid Graphene guna menjaga suhu tetap stabil.

Huawei M-Pen 2s Stylus

Huawei M-Pen 2s

Huawei Mate Xs 2 juga mendukung penggunaan stylus pen bertajuk Huawei M-Pen 2s Stylus yang memiliki sensor tekanan 40996 level dengan kapasitas baterai 82 mAh.

Baterai tersebut mampu membuat pena ini bertahan hingga 10 jam untuk menulis dan standby hingga 40 hari. Memanfaatkan Bluetooth, ponsel Huawei akan terhubung dengan pena digital ini.

Harga ponsel ini bervariasi menyesuaikan dengan kapasitas RAM dan penyimpanan ponsel. Banderol 9.999 yuan atau Rp 21,8 juta adalah untuk 8/256 GB, 11.499 yuan atau Rp 25 juta untuk 8/512 GB, serta 12.499 yuan atau Rp 27,2 juta untuk 12/512 GB. Sedangkan harga dari Huawei M-Pen 2s Stylus dibanderol 599 yuan atau setara Rp 1,3 juta.

BACA JUGA : Bocoran Huawei Mate 50 Ditenagai Chipset Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !