HP ZBook FireFly 15 G8, WorkStation Bandel, Tipis dan Enak Diajak Jalan

Zbook merupakan salah satu seri laptop buatan HP, Hewlett Packard. HP Zbook mempunyai keunggulan pada spesifikasi perangkat yang tinggi dan bobot yang ringan. Karena Zbook dibuat untuk memenuhi kebutuhan pekerja kantor atau pekerja kreatif.

Jika tahun lalu ada HP Zbook Firefly 14 G7, tahun ini HP melanjutkan seri ini dengan HP Zbook Firefly 15 G8. HP masih mempertahankan desain lama dari G7, yang membedakan hanya ukuran layar 15 inch dan 14 inch.

HP ZBook FireFly 15 G8
©sea.pcmag.com

HP Zbook Firefly 15 G8 tepatnya memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi 4K. Tampilan layar tampak mengkilap karena dukungan kartu grafis profesional Nvidia Quadro T500.

Zbook G8 mampu bekerja dengan optimal dengan dorongan Intel Core i7-1165G7 Tiger Lake CPU. Prosesor ini mampu bekerja dengan baik untuk aplikasi pengolahan gambar 2D dan 3D.

Prosesor quad core ini tidak terlalu memakan daya baterai, oleh karena itu Anda akan mendapatkan masa baterai yang cukup untuk bekerja selama 10 jam pada pemakaian normal. Setidaknya Anda bisa membawanya untuk bekerja sambil menikmati secangkir kopi di kafe.

Ulasan Singkat HP ZBook FireFly 15 G8

ZBook Firefly 15 mempunyai seri prosesor yang oleh Intel disebut dengan Intel “Tiger Lake” Core. Julukan yang mengandung harapan dari kinerja prosesor Prosesor Core i7-1185G7 (basis 3.0GHz, turbo 4.8GHz) untuk mampu berlari kencang seperti harimau.

Prosesor ini juga memiliki kemampuan grafis terintegrasi Iris Xe Intel untuk melengkapi kartu grafis Nvidia Quadro T500. Kombinasi dua grafis ini akan memberikan performa maksimal untuk pekerjaan 2D dan 3D.

HP Zbook Firefly 15 G8 ini memenuhi standar sertifikasi ISV, Independent Software Vendor. Setiap perangkat yang lolos sertifikasi ISV berarti dia layak untuk menjalankan software kelas profesional dan memiliki performa yang tinggi.

Firefly 15 G8 secara fisik tidak berubah dari model G7 tahun lalu. Eksterior alumunium dan magnesiumnya tampak berkelas dengan warna abu-abu tua.

Laptop ini memiliki dua port thunderbolt 4, satu port USB A, satu port HDMI, dan satu slot Nano SD di sisi kanan. Di sisi kiri ada satu port USB A, satu port pengisi daya, dan slot Gen 1.

Kami suka dengan logo Z yang agak mencolok pada sisi belakang monitor. Ini tidak seperti kebanyakan laptop HP yang bertuliskan “HP”.

Baca yuk, MSI GP76 Leopard, Alternatif Laptop Gaming Bergaya Retro

Bezel layarnya tipis melengkapi tampilan laptop yang modern. Resolusi layar 4K atau UHD (3.840 x 2.160 piksel) menghasilkan gambar yang kaya detail. Ini karena HP menggunakan panel layar dengan cakupan 100% dari gamut warna sRGB dan kecerahan 400 nits yang tinggi.

HP ZBook FireFly 15 G8
©www.notebookcheck.net

Anda akan mendapatkan kualitas suara yang renyah pada laptop ini karena speakernya berada di bagian atas keyboard. Speaker ini merupakan buatan khusus dari Bang & Olufsen, produsen speaker asal Denmark.

Sebuah Workstation yang “Mobile”

Laptop dengan predikat Workstation adalah sebuah perangkat yang dibuat untuk mendukung aktifitas bekerja Anda. Biasanya Laptop mempunyai kualitas yang bagus dan ini mempengaruhi berat dari laptop.

Namun ini tidak berlaku untuk HP Zbook FireFly 15 G8 yang memiliki ukuran 15,6 inci. Laptop ini masih mempunyai dimensi yang memungkinkan untuk mendukung mobilitas Anda yaitu 0,76 x 14,2 x 9,2 inci.

Sasis FireFly 15 G8 menunjukkan beberapa kelenturan saat mengalami gaya tidak normal, sesuatu yang hampir tidak dapat dihindari dengan notebook setipis ini. Meski tipis, namun laptop memiliki rasa yang kokoh dan tahan terhadap benturan. Asal jangan dibanting ya, ini tentu akan membuat laptop Anda ambyar.

Sebagai jaminan kemewahan sebuah workstation, HP memberikan garansi tiga tahun untuk FireFly 15 G8 ini. Anda bisa mengurusnya di toko resmi HP dengan menyertakan kartu garansi yang masih berlaku.

Yuk baja juga, Laptop Dua Layar Kelas Sultan, Asus Zephyrus Duo 15 SE GX551

Desain HP ZBook FireFly 15 G8

Firefly 15 G8 memiliki desain sederhana dengan sudut yang tajam, warna abu-abunya membuat tampak elegan. Tidak ada motif tambahan pada bagian lid layar, mulus begitu saja dengan logo Z di tengah.

HP ZBook FireFly 15 G8
©www.notebookcheck.net

Bezel layarnya yang tipis masih sanggup memuat kamera webcam 720p dengan sensor IR biometrik di atas layar, lengkap dengan penutup geser untuk perlindungan privasi. Kualitas gambarnya bagus, cocok untuk PC laptop premium.

Di bawah layar Anda akan menemukan speaker buatan Bang & Olufsen. Suaranya jelas, nyaring, dan renyah. Penempatannya yang menghadap keatas membuatnya lebih baik dari sebagian laptop yang meletakkan speaker di bagian bawah.

Karena laptop ini berukuran 15, 6 inci, maka dia memiliki full set keyboard. Seperti biasa ada QWERTY keyboard dan dilengkapi numeric keyboard di sebelah kanan.

Lampu latar berwarna putih, menyinari dengan redup sehingga tidak menyilakukan mata dari bawah. Ada trackpoint di tengah keyboard, beberapa pengguna merasa lebih nyaman menggunakan ini daripada touchpad.

Namun ini hanya masalah selera. Ada juga pembaca sidik jari di sudut kanan bawah keyboard, kami sedikit kesal karena agak sulit untuk menjangkaunya.

Touchpadnya lebar dan halus, dengan dua tombol berada diatas. Satu hal yang membuat kami berdecak kagum, ada fitur pembaca NFC di sudut kanan touchpad.

NFC, Near Field Communication, adalah fitur yang mempermudah pertukaran data dari dua perangkat elektronik. Kita paling lazim menggunakannya untuk melakukan pembayaran dengan kartu debit atau kredit, tinggal menempelkan smartphone pada mesin EDC dan transaksi pun selesai. Tentu keduanya harus sudah mempunyai NFC ya.

Yuk baca juga, Lenovo ThinkPad X1 Nano, Bentuk Nano dari Extreme Gen

Dengan adanya NFC pada FireFly 15 G8 ini, Anda tidak perlu repot menyalakan bluetooth untuk mentransfer data. Cukup tempelkan smartphone Anda pada kanan atas touchpad, data akan berpindah seketika.

HP ZBook FireFly 15 G8
©sea.pcmag.com

Performa dan Spesifikasi HP ZBook FireFly 15 G8

Perangkat yang ada di tangan kami adalah HP Zbook Firefly 15 G8 dengan Core i7-1185G7 dan kartu grafis Quadro T500 4GB. Laptop ini mempunyai RAM dual-channel 32GB dan solid-state drive 512GB PCI Express 3.0. HP juga menyediakan beberapa pilihan laptop dengan penyimpanan 1TB dan 2 TB, tentu dengan harga yang lebih mahal.

Anda masih mungkin untuk melakukan upgrade pada RAM dan Hardisk pada model ini. Mempunyai Hardisk 1TB kami pikir akan lebih memberi Anda fleksibilitas untuk menginstal perangkat lunak profesional.

Laptop ini sudah membawa  sistem operasi Windows 10 Pro yang bersih dan bebas bloatware. Karena Windows ini legal, maka Anda tentu bisa melakukan updates secara berkala dari Windows. Lagi – lagi kami merasa bahwa Hardisk 1TB akan lebih baik untuk laptop ini.

Baca review lainya, Acer Swift 3X, Grafis Intel Iris Xe Max Dan Daya Tahan Baterai 10 Jam

Dalam pengujian Cinebench untuk menguji CPU, tentu HP Zbook FireFly 15 G8 bekerja lebih cepat daripada FireFly 14 G7. Ini karena FireFly 14 G7 menggunakan chip prosesor Comet Lake, sedangkan FireFly 15 G8 menggunakan chip prosesor seri terbaru Tiger Lake.

 Dengan chip Tiger Lake ini, Anda juga bisa menggunakan laptop ini untuk bermain game. Meskipun laptop ini bukan khusus untuk bermain game, namun lebih cenderung untuk bekerja profesional. Misalnya programmer, desainer, atau editor video.

Penutup

HP ZBook Firefly 15 G8 sebuah workstation yang patut Anda pertimbangkan untuk membelinya di tahun 2021. Tersedia dalam dua pilihan prosesor Intel Tiger Lake, yaitu Core i5-1135G7 dan Core i7-1165G7.

HP juga menyediakan pilihan RAM DDR4-3200 dual-channel hingga 64GB, penyimpanan hingga 2TB dan grafis Nvidia Quadro T500. Meski spesifikasinya tampak luar biasa, laptop ini hanya mempunyai berat 1.75Kg.

Laptop ini memiliki layar 15.6 inci dengan opsi sentuh dan non-sentuh Full HD. ZBook Firefly 15 G8 juga menawarkan opsi untuk tampilan 4K UHD (3840 x 2160 piksel) dengan kecerahan 400 nit dan 100% sRGB.

Firefly 15 G8 mempunyai WiFi 6 (AX201 2×2, WiFi 802.11ax) dengan Bluetooth 5.0 , modem Intel XMM 7360 LTE Advanced Cat.9 dan modem internal Qualcomm Snapdragon X55 5G RF.

Untuk sambungan internal, ada dua port Thunderbolt 4 dan HDMI 2.0b .

Baca ulasan produk laptop, Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Murah Dengan Grafik Nvidia RTX 2060

Satu hal yang mengagumkan kami adalah masa pakai baterai yang mencapai 10 jam dalam pengujian kami. Meski HP mengklaim bahwa laptop mampu bertahan hinga 14 jam. Mungkin saja jika Anda hanya menggunakannya untuk mengerjakan Microsoft Word saja.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !