Google Pixel 6A Diperkenalkan dalam Ajang Konferensi Pengembang Tahunan, Harga Rp 6 Jutaan

ARUSGADGET – Google Pixel 6A menjadi ponsel terbaru yang akan dirilis Juli mendatang. Ponsel ini merupakan versi murah dari Google Pixel. Perkenalan ponsel ini berlangsung pada saat Google I/O 2022.

Perlu diketahui bahwa Google I/O merupakan ajang konferensi pengembang tahunan. Dengan adanya I/O, maka Google juga memiliki kesempatan untuk memperkenalkan berbagai produknya.

Setelah terus-menerus mendominasi dalam dunia internet, Google kini juga mengembangkan produk Internet of Things. Salah satunya adalah ponsel yang diberi tajuk Google Pixel.

Keberadaan Google Pixel memang membawa keunggulan tersendiri dan berbagai fitur mumpuni di dalamnya. Namun, ponsel Pixel juga dibanderol dengan harga yang mahal bagi segelintir orang.

BACA JUGA : Google Pixel Fold Ponsel Lipat Produk Google

Tetapi, Google memberikan opsi harga yang lebih terjangkau untuk memiliki ponsel Pixel yaitu dengan merilis Google Pixel 6A. Meskipun dibanderol dengan harga terjangkau, namun tak lantas menjadikannya ponsel dengan spesifikasi tidak mumpuni.

Google Pixel 6A ditampilkan pada ajang Google I/O 2022 dengan desain yang sama dengan Pixel 6 dan juga Pixel 6 Pro. Kesamaan tersebut terletak pada bagian layar dan juga punggung ponsel.

Kamera Google Pixel 6A

Kamera Google Pixel 6A

Layar tersebut memiliki notch kamera depan yang berbentuk punch hole. Resolusi kamera depan ponsel ini adalah sebesar 8 MP. Bukaan lensa untuk kamera ini adalah sebesar f/2.0.

Kemudian punggung ponsel ini dilengkapi dengan keberadaan kamera belakang. Konfigurasi dua kamera pada ponsel ini meliputi kamera utama dengan resolusi 12.2 MP dengan bukaan lensa f/1.7. Kamera tersebut didukung dengan OIS atau Optical Image Stabilization (OIS).

Kamera utama tersebut bersanding dengan kamera ultrawide yang beresolusi 12 MP. Kemampuan ultrawidenya bisa memperluas penglihatan hingga 114 derajat.

Keberadaan dua kamera tersebut menggandeng berbagai fitur. Mulai dari fitur Dual-LED Flash, Pixel Shift, Auto-HDR, dan panorama. Punggung ponsel yang menampung kamera tersebut didesain dengan warna Chalk, Charcoal, dan Sage.

Bodi ponsel Google Pixel 6A juga disematkan dengan berbagai konektivitas. Mulai dari keberadaan sensor sidik jari, konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, Bluetooth 5.2, GPS, NFC, dan pengisian daya dengan USB Type-C 3.1.

Selain itu, bodi ponselnya juga mengemas baterai berukuran 4410 mAh. Selain itu, ada dukungan fast charging dengan daya 18W. Konsumsi daya pada baterai ini diatur dengan chipset buatan Google, yaitu Google Tensor.

BACA JUGA : Google Pixel 7 Pro dan Pixel 7, Berikut Rumor Detail Ponsel Tersebut

Baterai Google Pixel 6A

Ponsel Google Pixel 6A

Chipset yang disematkan pada ponsel Google Pixel 6A dirancang dengan arsitektur 5nm. Dengan keberadaan dukungan CPU Octa-core berkecepatan clockspeed 1.80 hingga 2.80. Kemudian kartu grafis yang terdapat pada ponsel ini merupakan GPU Mali-G78 MP20.

Berkat keberadaan chipset tersebut, Google Pixel 6A memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang mumpuni. Pasalnya, ponsel ini memiliki RAM yang besar yaitu 6 GB. RAM tersebut bersanding dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB yang berasal dari jenis UFS 3.1.

Selain dari hardware yang merupakan chipset, Google Pixel 6A tentunya mempercantik bagian dalam dengan software. Sebagai ponsel besutan Google, tentunya Pixel 6A didukung dengan sistem operasi Android 12.

Layar Google Pixel 6A

Layar Google Pixel 6A

Tampilan bagian dalam ponsel Google Pixel 6A ini semakin meyakinkan dengan layar berpanel OLED. Ukuran layar tersebut adalah sebesar 6.1 inci. Kemudian resolusi layar ponsel ini adalah Full HD Plus dengan 1080 x 2400 piksel.

Selain dari kemampuan tampilan yang mumpuni, Google Pixel 6A juga didukung dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3. Keberadaan proteksi layar tersebut menjadikan ponsel ini tahan terhadap goresan.

Tidak berhenti pada proteksi layar untuk goresan. Bodi ponsel yang memiliki dimensi 152.2 x 71.8 x 8.9 mm dengan bobot 178 g didukung dengan proteksi tahan air dan debu dari IP67.

Penjualan Google Pixel 6A

Google Pixel 6A dalam genggaman

Sama seperi produk Google terbaru lainnya yang diperkenalkan pada Google I/O, Google Pixel 6A juga akan mulai dijual pada 21 Juli mendatang secara online. Sedangkan untuk penjualan secara offline akan dilakukan pada 28 Juli 2022 dengan banderol harga USD 449 atau setara dengan Rp 6,5 juta.

Penjualan ponsel Google Pixel 6A akan merambah berbagai wilayah di seluruh dunia. Mulai dari Australia, Jerman, Kanada, Italia, Jepang, Puerto Rico, Singapura, Amerika Serikat, Taiwan, Spanyol, Inggris, dan Irlandia.

BACA JUGA : Ponsel Google 5a 5G, Baterai Besar dan Tahan Air

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !