6 Rekomendasi Gadget Edukasi Untuk Belajar Anak

Bicara gadget tidak melulu tentang smartphone atau laptop, dilansir dari Wikipedia.id tentang pengertian gadget atau yang dalam bahasai indonesia disebut dengan Gawai adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil.

Dengan pengertian diatas, maka gadget tidak terbatas hanya tentang smartphone, namun semua hal yang bisa dikembangkan berbasis teknologi sehingga menjadi lebih smart. Begitu pula dengan mainan anak, kini banyak produsen yang fokus pada pengembangan gadget untuk anak usia 5 tahun ke bawah.

Tentu gadget untuk anak ini berisi permainan edukasi berbasis visual atau suara, bisa juga kumpulan buku dongeng dengan gambar yang berwarna sehingga membuat anak lebih tertarik untuk memperhatikan.

Adanya gadget yang khusus dibuat untuk anak bertujuan untuk meminimalisir keinginan anak menggunakan smartphone milik orang dewasa yang tidak memiliki fitur penyaringan konten.

Sebagian besar orang tua masih suka meminjamkan anaknya smartphone miliknya dan memainkan video lewat youtube atau facebook dengan tujuan agar anak diam dan tidak menangis.

Untuk jangka pendek mungkin hal ini berguna, tapi dampak jangka panjangnya adalah anak cenderung memiliki keinginan secara terus menerus menonton video lewat youtube yang kemudian mengeksplorasi dengan pencet video sana sini semau mereka.

Bayangkan andai saja youtube yang biasa digunakan si orang tua mempunyai rekomendasi video mengenai konten dewasa misal, kemudian si anak tanpa sengaja memainkan video tersebut tanpa pengawasan orang tua. Maka hal ini berdampak negatif bagi perkembangan otak si anak.

Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi pun harus menyesuaikan dengan usia si pengguna, jika anda ingin anak anda terbiasa dengan gadget dan teknologi maka anda harus menyediakan gadget yang khusus untuk anak.

Gadget yang fokus pada pengembangan wawasan dan pengetahuan si anak, sehingga anda bisa menggunakan gadget ini sebagai sarana pembelajaran bagi anak anda.

1. Wowwee Robots MIP

Wowwee Robots MIP
Wowwee Robots MIP

Jika anda sedang lelah namun tiba-tiba anak ingin ditemani bermain, kamu bisa memanfaatkan WowWee Robots MIP untuk menemani si buah hati.

WowWee Robots MiP adalah sebuah robot cerdas yang dapat mempelajari trik baru, dan bermain. MiP dilengkapi dengan 7 mode game yang dapat digunakan untuk menemani kegiatan bermain si kecil.

Si kecil dapat mengendarai MiP untuk mengitari halangan, membawa MiP bertarung dengan robot lainnya atau menemani si kecil saat mendengarkan musik. Algoritma kecerdasan buatan Chip diterapkan pada data dari beberapa sensor berteknologi tinggi.

Pemrosesan real-time membantu Chip untuk melihat, berbicara, mendengarkan, merasakan, sambil menjelajahi dunianya sendiri secara mandiri.

Si kecil juga dapat melatih MiP dengan perintah suara, isyarat tangan, menggunakan SmartBand dan aplikasi yang disertakan. Anda dapat meningkatkan kemampuan MiP dengan aplikasi gratis Mip yang dapat diunduh dan digunakan menggunakan koneksi Bluetooth.

2. Amazon Fire Kids Tablet

Amazon Fire Kids Tablet
Amazon Fire Kids Tablet

Jika anda berencana membelikan anak anda sebuah gadget agar bisa belajar untuk mengakses konten dari internet, pastikan bahwa gadget tersebut memang didesain ramah anak dengan beragam aplikasi yang memang cocok untuk belajar anak dan tentu fitur penyaring konten negatif bagi anak. Seperti yang dimiliki oleh Amazone Fire Kids Tablet.

Amazon Fire Kids Edition Tablet adalah tablet pintar untuk anak-anak yang menyediakan 15.000 buku, film, acara TV, aplikasi pendidikan, dan permainan. Tablet all in one ini dapat memberikan pengalaman belajar dan bermain yang menyenangkan dengan semua jenis konten anak-anak yang ada di dalamnya.

Selain itu, tablet untuk anak usia 3 sampai 12 tahun ini dilengkapi dengan Kid-Proof Case yang menjauhkan konten yang tidak pantas untuk anak-anak. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika anak Anda berselancar di internet.

3. V.Tech Reader Animated E-Book

V.Tech Reader Animated E-Book
V.Tech Reader Animated E-Book

Gadget yang satu ini menjadi salah satu favorit para orang tua karena berisi tentang permainan pembelajaran interaktif yang melatih kemampuan membaca anak dan memperbanyak kosa kata. Gadget ini dibuat untuk anak usia 3 sampai 7 tahun.

Desainnya yang dinamis dengan beberapa tombol dengan warna cerah membuat anak tertarik untuk mengenggamnya dalam waktu yang lama.

Dibuat untuk mendorong pengembangan keterampilan membaca V.Reader adalah alat pembelajaran yang menyenangkan dan dinamis yang akan membuat pikiran aktif terdorong dan terlibat.

V.Reader memiliki bodi plastik yang kokoh dengan penutup layar plastik tembus pandang yang dengan mudah membuka dan menutup untuk akses ke layar sentuh dan tombol navigasi / keyboard.

E-reader ini memiliki speaker besar di bagian depan memproyeksikan suara, suara, dan musik yang menyenangkan, dan pena V.Reader yang disertakan membantu pengguna menavigasi opsi menu dan latihan pembelajaran di layar sentuh.

Baca juga : 6 Earphone Wireless Sporty dibawah 1 juta, Cocok Menemani Olahraga Harian Anda!!

Konten dalam V.Reader ini juga bisa ditambah dengan mengunduh dari situs Web Vtech.

4. MobiGo

MobiGo
MobiGo

MobiGo adalah gadget spesial untuk permainan edukasi. Permainan pada MobiGo juga bervariasi dan dapat dengan mudah di-download.

Fitur Touch Learning System pada VTech MobiGo ini memiliki teknologi layar sentuh yang memungkinkan anak-anak untuk melihat, mendengarkan dan menyentuh saat bermain game dan aktivitas belajar yang mengajarkan matematika, kosa kata, ejaan dan banyak lagi.

Sistem ini memiliki keyboard QWERTY slide-out dengan desainya yang menarik berwarna-warni. Cara berinteraksi dengan gadget ini juga beragam.

Anak dapat menggunakan mikrofon, sensor gerakan pada MobiGo, touch screen, ataupun keyboard yang dapat ditarik keluar dari gadget. MobiGo cocok untuk digunakan anak-anak berusia 3 sampai 7 tahun.

5. Robot Playskool Alphie

Robot Playskool Alphie
Robot Playskool Alphie

Playskool Alphie adalah gadget berbentuk robot yang berisi fitur edukatif seperti permainan menghitung, bernyanyi, pengembangan kosa kata, bermain bentuk, dan masih banyak lagi.

Dilengkapi dengan 30 kartu permainan yang tidak membuat anak bosan untuk bermain sambil belajar.

6. Leapfrog LeapPad Platinum

Leapfrog LeapPad Platinum
Leapfrog LeapPad Platinum

Saya menyebut gadget ini sebagai yang terbaik untuk anak di usia 4 sampai 9 tahun. Karena selain menawarkan permainan kata dan gambar, juga dilengkapi dengan aplikasi untuk mengedit foto dan menggambar animasi kartun.

Baca juga :

  1. 6 Modem Wi-Fi terbaik untuk Work From Home, Murah dan Anti Lemot
  2. Ini Dia 6 Smart Speaker Terbaik Menjelang

Tablet ini juga mengembangkan aplikasi pembelajaran sendiri dengan nama Just For Me. Dilengkapi dengan memory card, WiFi, dan kamera depan membuat tablet ini semakin lengkap untuk belajar anak anda.

Penutup

Perkembangan teknologi yang mengepung segala lini kehidupan membuat kita tidak bisa mencegah anak dari keinginan untuk memegang dan mencoba sebuah gadget.

Meski kita tahu ada dampak negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan namun kita tentu tidak bisa seratus persen melarang anak kita untuk bermain gadget karena mereka sendiri melihat kita sering bermain gadget.

Oleh karena itu pemilihan gadget yang tepat dan pendampingan terhadap anak adalah dua hal yang harus dilakukan oleh orang tua agar teknologi ini bisa memberikan manfaat untuk anak, bukan sebaliknya.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !