5 Fungsi NFC pada Ponsel, Tak Hanya Untuk Cek Saldo

ARUSGADGET – NFC bukanlah hal asing lagi bagi banyak orang. Saat ini sudah banyak ponsel pintar yang membenamkan teknologi NFC pada perangkatanya. Tetapi ketahuilah fungsi NFC pada ponsel sangat beragam tak hanya untuk cek saldo saja.

Near Field Communication atau NFC memiliki fungsi menguhubungkan dua perangkat dalam jarak dekat. NFC bisa bekerja jika ada dua perangkat aktif yang tersambung. Dua perangkat tersebut adalah perangkat akti dan perangkat pasif. Perangkat aktif bertugas membaca data dan perangkat pasif bertugas membaca data.

Dalam hal ini perangkat aktif adalah posel pintar dan perangkat aktifnya adalah NFC sendiri. Lalu apa sebenarnya fungis NFC pada ponsel?

Fungsi NFC pada Ponsel, Tak Hanya Untuk Cek Saldo

Baca Juga:

Transfer Data

Maksudnya mentrasfer data disini bukan berarti data besar. Pengguna NFC bisa saling berkirim kontak, foto, dokumen, link website bahkan berbagi lokasi.

Cukup tempel kan maisng-masing ponsel yang memiliki NFC makan data sudah langsung berpindah. Mengirim data berupa kontak menggunakan NFC lebih praktis dari pada mengetiknya langsung.

Cek dan Isi Saldo Uang Elektronik

Fungsi NFC pada ponsel kali ini sudah banyak orang tahu. Melihat kebijakan cashless untuk transaksi, menggunakan NFC menjadi cara efisien untuk memudahkan melakukan pembayaran.

Sudah banyak ATM juga yang mendukung pengecekan saldo atau mengisis e-money menggunakan NFC. Mengecek saldo bisa kapan saja dan dimana saja.

Sebagai Kartu Akses

Memasui hotel atau apartemen memerlukan kartu akses. Banyak orang yang sering lupa meletakan kartu akses atau bahkan kehilangan kartu aksesnya. Nah, menjadikan NFC sebagai kartu akses bisa menjadi solusi.

Data pada kartu akses bisa kita pindahkan ke ponsel yang dilengkapi dengan NFC. Dengan begitu masuk hotel atau apartemen menjadi lebih mudah.

Baca Juga:

Autentifikasi Jaringan WiFi

Saat menemukan koneksi WiFi baru kita biasa diminta untuk memasukan password secara manual. Hal ini untu menghindari kemungkinan password diketahui oleh orang lain.

Beberapa tempat sudah memberlakukan konektifitas WiFi menggunakan NFC melalui alat bernama WiFi porter. Melaui WiFi ini pengunjung bisa menyambungkan WiFI secara otomatis. WiFI porter minyimpan password dan hanya bisa dibawa oleh ponsel dengan NFC. 

Pengisian Daya Nirkabel

Fungsi NFC pada ponsel selanjutnya, pengguna tidak perlu repot lagi mengisi daya menggunakan kabel. Karena kita bisa mengisi daya menggunakan NFC. Tetapi, bukan berarti arus listrik dikirimkan mealui gelombang ya. Caranya dengan menempekan belakang ponsel pada sebuah benda pengisi daya yang sudah berteknologi NFC.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !