3 Fitur Wajib Ponsel Flagship yang Harus Menjadi Fokus Vendor

ARUSGADGET – Counterpoint merilis fitur wajib ponsel flagship agar para vendor ponsel memfokuskan pengembangannya pada fitur yang dimaksud. Ponsel flagship memang memiliki kualitas teratas sehingga harus menyematkan beberapa fitur yang menjadi daya tarik bagi para peminatnya.

Ponsel flagship merupakan ponsel yang berada pada kelas premium dan dijual dengan harga mulai dari USD 400 atau setara dengan Rp 5,7 juta. Dengan mengusung harga tersebut, tentunya ponsel ini memang menyediakan keunggulan yang tidak dimiliki ponsel kelas lainnya.

Fitur wajib ponsel flagship
iPhone

Flagship yang paling terkenal dan sudah sangat umum adalah dari vendor Apple yang telah melakukan dominasi hingga bertahun-tahun untuk penjualan ponselnya. Hal tersebut dibuktikan dengan pangsa pasar yang terus meningkat tiap tahunnya dengan awalnya 55 persen untuk tahun 2020, meningkat menjadi 60 persen untuk pangsa pasar di tahun kemarin.

Dengan penguasaan yang dimiliki oleh Apple, maka vendor ponsel lainnya terus berlomba-lomba untuk memasuki pangsa pasar tertinggi di kelas ponsel flagship. Beberapa vendor mulai berpartisipasi untuk memproduksi ponsel flagship mulai dari Xiaomi, Oppo, dan juga Vivo. Terlebih, dengan tindakan AS yang mengeliminasi ponsel Huawei yang pada awalnya menduduki pangsa pasar teratas, kini hengkang dari jajaran dan posisinya menjadi santapan bagi vendor lain.

BACA JUGA :

Fitur Wajib Ponsel Flagship

Fitur wajib ponsel flagship

Untuk memproduksi ponsel flagship juga tentu menjadi tantangan besar bagi para produsen ponsel. Vendor harus memperhatikan tampilan dan juga performa bagian dalam ponsel agar menjadi ponsel yang layak di kelas premium. Tantangan yang besar tertuju pada ponsel Android mengingat posisi iPhone sulit digeser untuk jajaran ponsel premium. Maka dari itu, untuk memudahkan para vendor, Counterpoint memberikan tanggapan agar vendor memperhatikan fitur wajib ponsel flagship berikut.

Sektor Kamera

Fitur wajib ponsel flagship di segi kamera

Fitur wajib ponsel flagship harus berfokus dalam sektor kamera. Setidaknya, ponsel flagship harus mengusung teknologi yang bisa meminimalisir noise pada foto atau video yang diambil melalui kamera ponsel. Contohnya adalah dengan menggandeng kombinasi kamera dan menyertakan artificial intelligence (AI) sehingga algoritmanya bisa membaca foto kualitas foto yang diambil.

Layar

Fitur wajib ponsel flagship di segi layar

Fitur wajib ponsel flagship yang harus ditingkatkan adalah pada segi layar. Kualitas yang ada pada layar harus optimal untuk masuk ke kelas ponsel premium. Teknologi yang harus diusung bersama ponsel adalah dengan membawa refresh rate, resolusi layar, dan juga akurasi warna yang memang berada di level atas. Untuk panelnya sendiri, lebih baik bagi para vendor untuk mengusung panel LTPO dengan gamut warna DCI-P3.

Dukungan Gaming

Fitur wajib ponsel flagship di segi gaming

Pengalaman bermain game menjadi fitur wajib ponsel flagship yang harus diperhatikan. Ponsel premium harus memperhatikan konsumsi daya saat dipakai dalam bermain game,menyediakan grafis yang mulus pada ponsel, serta kestabilan suhu saat ponsel sedang dipakai untuk gaming.

Fitur wajib ponsel flagship di atas hanyalah sebagian kecil yang memang harus menjadi perhatian para vendor ponsel. Selain itu, ada pula berbagai fitur yang harus dimiliki ponsel premium, mulai dari konektivitas, audio, ketahanan baterai dan juga dukungan pengisian daya cepat.

Kemudian, hal lain yang diungkapkan Counterpoint mengenai ponsel flagship adalah dengan melihat Apple akan sulit dikalahkan karena Apple tidak hanya berfokus pada spesifikasi ponsel, melainkan juga membawa ekosistem yang kaya.

Ponsel flagship saat ini sebenarnya telah banyak berkembang dan juga semakin marak di kalangan pengguna smartphone. Keberadaannya dapat mempengaruhi status sosial penggunanya atau menjadi bagian dari gaya hidup pengguna. Ponsel premium dengan harga yang mahal akan bisa memberikan banyak kemudahan pula para penggunanya, namun memang ada beberapa kriteria tertentu untuk memasuki kelas ponsel ini.

Maka dari itu, Counterpoint sebagai firma riset memberikan tanggapan mengenai keberadaan ponsel flagship agar nantinya vendor ponsel mampu meningkatkan berbagai fitur wajib ponsel flagship sehingga semakin menarik minat para penggemar ponsel.

BACA JUGA :

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !