Fitur Riwayat Pencarian Google Beri Opsi Terbaru Penghapusan, Hilang Tiap 15 Menit Berselancar

ARUSGADGET – Google Search berikan opsi penghapusan otomatis terbaru untuk fitur riwayat pencarian Google yang akan tersedia dalam opsi 15 menit. Dengan memilih opsi ini, maka riwayat pencarian 15 menit terakhir akan langsung bersih dan terhapus sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna dalam melihat tampilan riwayat pencarian.

Google Search Android

Google Search sendiri merupakan mesin pencari bawaan Google yang akan membantu pengguna dalam menelusuri banyak hal, terutama yang ingin diketahui oleh pengguna.

Dengan adanya alat pencarian ini, Google juga menyematkan fitur riwayat pencarian Google yang akan mencatat aktivitas pencarian yang dilakukan pengguna.

Riwayat pencarian tersebut bisa pengguna lihat kembali untuk dikunjungi kembali atau melakukan tindakan penghapusan jika dirasa terlalu memenuhi ponsel atau menyulitkan untuk mencari situs penting lainnya.

Fitur Riwayat Pencarian Google Berikan Penghapusan Manual dan Otomatis

Penghapusan pada yang dilakukan terhadap fitur riwayat pencarian Google bisa pengguna lakukan secara manual dengan mengklik foto profil akun Google yang berada di pojok kanan atas lalu menelusuri menu Search History.

Setelah membukanya, maka nanti akan muncul daftar pencarian lalu menghapusnya secara manual dengan menekan tombol X di pojok kanan atas situs yang telah pengguna kunjungi.

Opsi Penghapusan Otomatis Riwayat Pencarian Google

Namun, selain melakukan penghapusan secara manual, Google juga menyediakan penghapusan yang sifatnya otomatis.

Fitur riwayat pencarian Google akan melakukan penghapusan seluruh riwayat pencarian secara otomatis dalam kurun waktu yang telah ditentukan, opsinya tersedia dalam waktu 3 bulan, 18 bulan, hingga 36 bulan.

Penghapusan secara otomatis ini tentu perlu pengguna atur dengan mengklik ikon foto profil pengguna di pojok kanan atas dan memilih opsi Search History dan mengaktifkan fitur ‘Hapus Otomatis’ serta memilih kurun waktu sesuai selera untuk Google menhapus seluruh riwayat pencarian pengguna.

BACA JUGA :

Penghapusan Riwayat Pencarian Setiap 15 Menit

Hal yang menarik tentang penghapusan otomatis pada fitur riwayat pencarian Google adalah kini tersedia dalam pilihan durasi yang lebih singkat bagi pengguna.

Pada awalnya, penghapusan otomatis akan dilakukan setelah penumpukan riwayat pencarian selama 8 bulan, 16 bulan, dan juga 36 bulan seperti yang sudah diungkapkan di atas.

Kini, penghapusan otomatis bisa dilakukan Google dalam opsi 15 menit yang akan menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir.

Pembaruan pada fitur riwayat pencarian Google dengan opsi lebih singkat 15 menit ini memang bukan merupakan fitur yang baru. Namun, hal tersebut hanya berlaku bagi para pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS yang menggunakan peramban Google Search atau Chrome.

Lain halnya dengan Android yang baru bisa menikmati opsi penghapusan pencarian dalam kurun waktu singkat ini.

Keberadaan opsi terbaru tersebut memang belum menyambangi fitur riwayat pencarian Google di seluruh perangkat Android. Tetapi, kabar terbaru ini menjanjikan kepada pengguna bahwa perangkat Android secara bertahap akan bisa menikmati opsi terbaru penghapusan riwayat pencarian 15 menit terakhir.

Penundaan Durasi Penghapusan pada Perangkat Android

Sebenarnya, setelah Google I/O tahun lalu berlangsung, di situ pula Google mengumumkan bahwa fitur riwayat pencarian Google akan dilengkapi dengan opsi penghapusan riwayat pencarian setelah 15 menit.

Kemudian, setelah pengumumannya pada bulan Mei, Google merilis fitur ini pada perangkat dengan sistem operasi iOS dua bulan setelah pengumumannya, tepatnya Juli 2021.

BACA JUGA :

Setelah itu, Google menjanjikan bahwa opsi terbaru pada fitur riwayat pencarian Google akan menyambangi ponsel Android di akhir tahun 2021.

Sayangnya, janji tersebut tak kunjung ditepati oleh Google bahkan setelah pergantian tahun. Di awal Januari, opsi terbaru ini belum melengkapi fitur riwayat pencarian Google dalam perangkat Android.

Hingga akhirnya, bulan ini Google bisa merealisasikannya untuk memberikan kemudahan pengguna yang tidak menyukai tumpukan riwayat pencarian pada perangkatnya.

Google Search Dekstop
Google Search Dekstop

Meskipun opsi terbaru ini sudah menyambangi perangkat Android dan iOS, masih ada hal yang belum pasti mengenai perilisan untuk versi desktop.

Fitur riwayat pencarian Google pada perangkat besar belum dilengkapi dengan opsi terbaru penghapusan riwayat pencarian setelah 15 menit, namun pengguna Google Search dalam perangkat desktop pasti akan sangat terbantu jika opsi terbarunya juga hadir pada versi desktop.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !

Tinggalkan komentar