Fitur MIUI 12 Ini Hadir Tersembunyi di Perangkat Xiaomi

ARUSGADGET – Antarmuka pribadi yang ada dalam perangkat xiaomi kini sudah mencapai MIUI 13. Untuk versi MIUI 12 sendiri hadir dua tahun yang lalu. Dengan basis android 10, fitur MIUI 12 tentunya memberikan pengalaman baru bagi para pengguna Xiaomi.

Fitur yang tercakup dalam MIUI 12 salah satunya adalah mode gelap atau dark mode. Dark mode menjadikan seluruh tampilan pada layar menjadi warna hitam. Fitur lain ada Floating Windows yang membantu pengguna untuk melakukan multitasking pada perangkat Xiaomi.

Perilisan yang sudah lama sejak lama, yaitu April 2020 menjadikan MIUI 12 tentu telah hadir dalam berbagai ponsel Xiaomi.

Namun pada kenyataannya, fitur rahasia yang ada bersama MIUI 12 bisa saja belum terjamah oleh para pengguna.

BACA JUGA : 5 HP Xiaomi Termurah Harga 1 Jutaan Terbaik 2022

Berikut adalah daftar beberapa fitur yang harus penguna jelajahi agar mempercantik perangkat Xiaomi Anda.

1. Fitur Battery Saver

Ultra Battery Saver


Ultra Battery Saver merupakan fitur yang hadir dalam MIUI 12. Seperti namanya, tentu saja fungsinya adalah untuk menghemat penggunaan daya. Jika fitur ini aktif, maka berbagai aktivitas seperti koneksi internet, sosial media dan juga permainan akan terpangkas begitu saja.

Jika memang fitur ini aktif, maka pengguna akan terbatas dalam mengoperasikan ponsel. Fitur ini hanya akan mendukung aktivitas sederhana seperti SMS dan panggilan telepon. Fitur ini tentu berguna untuk pengguna yang sedang jauh dari sumber listrik atau tidak membawa charger.

Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka “Settings” lalu pilih menu “Battery & Performance” dan tekan “Ultra Battery Saver”. Jika ingin menambahkan akses pada aplikasi tertentu, cukup tekan “Add”. Jika sudah merasa tidak perlu menghemat, maka tekan tombol “Exit” yang terletak di pojok kanan atas.

2. Background Foto Menjadi Buram

Blur Background


Objek utama akan terlihat lebih fokus jika pengguna mengaktifkan mode portrait. Fokus ini merupakan hasil dari efek yang terkenal dengan nama “bokeh”. Bokeh kali ini bisa pengguna atur meskipun setelah pengambilan gambar.

Cara untuk memburamkan background foto adalah dengan membuka “Gallery” dan pilih foto dengan mode portrait dan pilih “Aperture” hingga fokusnya sesuai dengan keinginan Anda.

3. Fitur MIUI 12 Dark Mode

Dark Mode


Mode gelap atau dark mode merupakan fitur yang paling populer. Fitur ini nantinya akan mengubah layar menjadi gelap. Dark mode sendiri menjadi fitur yang berfungsi untuk mencegah mata mengalami ketegangan saat sedang mengoperasikan ponsel. Mode gelap sangat mendukung penglihatan mata terutama pada malam hari agar mata tidak menerima banyak cahaya.

BACA JUGA : The Real 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Rp2,5 Jutaan

Bagikan !