Fitur Baru Netflix Izinkan Berbagi Akun dengan Tambahan Tarif Hingga Rp 42 Ribu

ARUSGADGET – Saat ini sedang marak pengguna Netflix berbagi password namun fitur baru Netflix tidak akan izinkan pengguna untuk membagikan akun dengan pengguna lainnya. Namun, fitur baru Netflix ini menjadi pengecualian bagi pengguna Netflix yang ingin berbagi dengan orang yang serumah.

Penggunaan Netflix yang awalnya dapat berbagi akun dengan siapa saja ternyata memberikan keganjilan tersendiri bagi platform ini. Hal tersebut mendorong pembatasan yang dilakukannya melalui fitur baru Netflix yang tidak akan mengizinkan pembagian kata sandi dengan sembarang pengguna, terbatas hanya pada orang yang serumah saja.

Fitur Baru Netflix

Verifikasi Saja Tidak Cukup

Sebenarnya, di tahun lalu, fitur verifikasi akun mencoba mengatasi pembagian password dengan mensyaratkan pengguna agar melakukan verifikasi akun sehingga meminimalisir kemungkinan penggunaan akun oleh orang yang tidak dikenal. Namun, fitur baru Netflix membuktikan bahwa langkahnya tersebut belum cukup untuk membuat pengguna berhenti membagikan kata sandi akun Netflix.

Kemudian, cara kerja dari fitur baru Netflix juga tetap memberikan langkah yang sama melalui verifikasi dengan tambahan pemberitahuan yang berbunyi “Jika kamu tidak tinggal dengan pemilik akun ini, kamu harus login ke akun sendiri agar tetap bisa menyaksikan”. Selain notifikasi tersebut, Netflix juga akan mengirimkan kode OTP ke email atau SMS sebelum masuk ke tampilan Netflix.

Kode OTP Netflix

BACA JUGA :

Netflix memang telah dari jauh hari mencoba menghentikan pembagian layanan Netflix kepada banyak orang. Namun, fitur baru Netflix beri tanda keseriusan Netflix dalam menghentikan tindakan yang sifatnya membagikan akun.

Sebenarnya, regulasi dari platform hiburan untuk membatasi pembagian akun premium juga pernah dilakukan oleh platform musik Spotify. Spotify menyediakan paket keluarga agar pembagian akun premium hanya terbatas pada anggota keluarga saja dan mencegah pembagian ke pengguna lain. Netflix pun sepertinya mengikuti jejak dari Spotify.

Spotify Premium Family

Wilayah yang Menjadi Percobaan Fitur Baru Netflix

Fitur baru Netflix membawa mekanisme pembagian akun yang ketat di wilayah Kosta Rika, Chilli, dan juga Peru. Bagi pengguna di wilayah tersebut yang tetap memaksa untuk membagikan akun Netflixnya maka akan mendapatkan tindakan tegas dari platform ini. 

Untuk tindakan tegasnya akan berupa penambahan tarif bagi tiap pengguna yang hendak melakukan pembagian profil. Satu pengguna yang bergabung dalam salah satu akun nantinya akan terkena tarif sebesar Rp 42 ribu untuk wilayah Chilli dan Kosta Rika, serta Rp 30 ribu untuk wilayah Peru.

BACA JUGA :

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !

Tinggalkan komentar