Fitur Android 13 Terbaru Jadi Bagian Perkembangan Bagi Developer

ARUSGADGET – Google tengah mengembangkan berbagai fitur Android 13 agar sistem operasi terbaru miliknya bisa segera meluncur. Berita terakhir yang datang dari sistem operasi Android 13 adalah ketersediannya dalam versi developer preview.

Kali ini, hadir developer preview 2 untuk mengintip fitur Android 13 yang nantinya akan tersematkan dalam berbagai merek ponsel pintar.

Kemudian, ada fitur di dalam sistem operasi ini yang tentu memiliki tujuan untuk memberikan pengguna kemudahan dalam mengoperasikan ponselnya.

Battery Resource Utilization

Ilustrasi Penggunaan Baterai

Fitur Android 13 terbaru membawa kemampuan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai. Melalui Andoid 13, pengguna akan diberikan berbagai macam kemampuan ponsel yang meminimalisir konsumsi daya.

Pertama, fiturnya akan memberikan peningkatan terhadap masa baterai dengan menggunakan resource yang bernama “Battery Resource Utilization” yang memiliki berbagai keunggulan di dalamnya.

Keunggulan pertama yang dimiliki fitur Android 13 tersebut adalah dari cara ponsel menaruh aplikasi yang menguras baterai ke daftar dibatasi atau ke daftar Standby Bucket.

Masuknya aplikasi ke dalam daftar retricted tentu akan memberikan batasan tersendiri bagi aplikasi yang sedang berjalan, hal ini juga termasuk penggunaan baterai di latar belakang.

BACA JUGA :

Selain menaruh aplikasi dalam daftar restricted, fitur Android 13 juga akan membantu mengirimkan notifikasi kepada pengguna sebagai bentuk peringatan.

Peringatan tersebut bertujuan untuk memberitahu pengguna tentang penggunaan daya yang berlebihan baik di latar depan atau belakang, serta mengatasi penggunaan layanan yang terlalu lama sehingga tidak mengonsumsi banyak daya.

Fitur Android 13

Tak berhenti di situ, fitur Android 13 akan secara otomatis mencegah aplikasi terlalu memakan banyak daya saat pengguna tidak melakukan pemakaian selama 8 hari.

OS terbaru ini juga tengah mengembangkan sistem yang akan memeriksa layanan latar depan, seperti layanan yang perlu perhatian pengguna, seperti lagu yang sedang diputar, dan notifikasi lainnya.

Versi Beta akan Hadir pada April atau Mei Mendatang

Fitur tersebut merupakan bagian pengembangan menjelang perilisannya. Setelah berhasil dengan versi developer preview 2, nantinya Android 13 akan membawa versi beta untuk disematkan pada ponsel.

Versi beta tersebut kabarnya akan segera hadir pada bulan April atau Mei mendatang. Perkiraan lainnya mengungkapkan bahwa versi beta akan rilis setelah Google I/O setelah sebelumnya pernah memberikan prediksi bahwa kehadiran Android 13 akan datang di bulan Agustus, September, dan juga Oktober.

BACA JUGA :

Sejauh ini, penyematan sistem operasi Android memang masih bertahan pada versi Android 12. Meskipun keberadaannya juga belum marak di jajaran smartphone, Google terus melakukan pengembangan terhadap sistem operasi terbarunya, Android 13.

Android 12

Berbagai peningkatan tentunya menjadi upaya Google agar segala klaim terhadap sistem operasi Android 13 menjadi sesuatu yang terbukti.

Dengan berbagai macam pengembangan yang terkuak dan ketersediaan developer preview tentunya menjadi harapan agar ponsel dengan ketersediaan fitur Android 13 akan hadir di masa mendatang.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !

Tinggalkan komentar