Facebook Campus Segera Hengkang dari Laman Platform, Mengapa?

ARUSGADGET – Facebook Campus kabarnya akan hengkang dari platform media sosial ternama Facebook. Kabar penghapusan fitur ini akan segera terealisasikan 10 Maret mendatang. 

Facebook Campus sendiri merupakan fitur yang ada pada platform perusahaan besutan Meta dan memiliki fungsi untuk menjadi komunitas bagi civitas akademika dari perguruan tinggi atau pengguna yang memiliki alamat email yang mengindikasikan pendidikan @.edu.

Kembali ke Fitur Group

Facebook Groups

Penutupan fitur ini juga mencakup penghapusan pada profil, grup, postingan, dan data lainnya. Namun, pengguna tidak perlu khawatir karena data tersebut masih bisa terakses dengan mengunduhnya terlebih dahulu dan menaruhnya pada fitur back up yang telah tersedia.

Facebook mengungkapkan bahwa Campus memang merupakan fitur yang bertujuan untuk menyatukan komunitas perguruan tinggi. Namun, fitur ini terasa tidak efektif dan bisa bergabung bersama fitur Facebook Group.

BACA JUGA : Reels Melengkapi Tampilan Facebook, Fitur Lebih Banyak

Maka dari itu, untuk para penikmat fitur Facebook Campus, maka mereka bisa menggunakan Facebook Group sebagai penggantinya. Sebenarnya, fitur ini merupakan fitur yang bertujuan untuk memudahkan para pelajar perguruan tinggi karena pada awalnya banyak pelajar yang melakukan proses perkuliahan pada Facebook Group.

Setelah menyadari bahwa banyak pengguna yang masih pelajar, maka perusahaan membuat fitur Campus. Fitur ini juga menjadi pendekatan bagi pihak Facebook untuk generasi muda agar bisa terus menggunakan platform satu ini.

Namun, keputusan tersebut menjadi kurang tepat karena pada akhirnya Facebook kembali melihat fitur Group lebih efektif daripada fitur yang akan terhapus beberapa hari mendatang.

Ujicoba terhadap fitur Campus ini akan segera terhenti dan Facebook telah menyarankan pengguna untuk bergabung dengan Facebook Group yang relevan dengan perguruan tinggi masing-masing.

Kurangnya Daya Tarik Facebook Campus

Campus

Setelah platform ini mengumumkan hal tersebut, reaksi pengguna justru terkesan sangat pasif. Maka dari itu, Facebook menyimpulkan bahwa fitur ini tidak memiliki daya tarik yang signifikan bagi para pengguna.

Daya tarik yang rendah dari fitur ini menjadikan Facebook semakin matang untuk menutup layanan ini. Meskipun akan segera tutup, fitur ini sebenarnya sudah berhasil mencakup 60 perguruan tinggi di Amerika Serikat. Facebook juga terus memperluas hingga tercatat saat ini sudah ada 204 perguruan tinggi yang bergabung.

Namun, keberadaan komunitas perguruan tinggi tersebut akan segera tiada. Alternatif lain, fitur ini justru beralih menuju Facebook Group karena kebijakan penghapusan fitur Campus ini.

BACA JUGA : News Feed Facebook Beralih Nama Menjadi Feed

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !

Tinggalkan komentar