Daftar Prosesor Smartphone Terbaik Tahun 2022

ARUSGADGET – Dalam dunia mobile ponsel, pasti memperhatikan prosesor sebagai dapur pacu utama smartphone. Saat pertamaa rilis, banyak orang melihat dari spesifikasi dari prosesor atau chipset ayng dibawanya. Prosesor smartphone terbaik tentu memberikan kualitas kerja ponsel.

Prosesor bisa dikatakan sebagai otak tempat memproses segala akktivitas pada smartphone. Bila prosesor berjalan lambat maka kinerja ponsel juga akan berkurang.

Jika sedang mencaro proseor smartphone terbaik Artikel ini bisa menjadi referensi. Berikut daftar prosesor dengan kualitas terbaik tahun 2022.

Baca Juga:

Apple A15 Bionic

Merupakan chipset andalan iPhone 13 series, Apple A15 Bionic memiliki kemampuan proses data lebih cepat. Hal ini karena Apple A15 Bionic memiliki GPU baru dan mesin saraf dengan kinerja tinggi. Tetapi, prosesor ini mamsing mengandalkan dua inti pemrosesan berkinerja tinggi. Walaupun begitu prosesor ini memiliki 15 miliar transistor.

Dimensity 9000

Dimesity 9000 hadir sebagai chipset kelas tinggi dengan skor Antutu 1.007.847 dan memakai prosesor arsitektur Armv9. Prosesor arsitektur tersebut merupakan prosesor terbaru dengan fabrikasi 4nm dari pada ARM versi 8 yang terdapat pada base Apple A14 Bionic.Prosesor dari MediaTek ini memiliki kecepatan 7500 Mbps dari dukungan RAM LPDDR5x.

Snapdragon 8 Gen 1

Menjadi salah satu prosesor smartphone terbaik, Snapdragon 8 Gen 1 mengalami peningkatan 20% dari seri sebelumnya. Prosesor ini juga mampu menghemat daya dan grafis smartphone sebanyak 30% . Kelebihan tersebut juga merupakan dukungan dari GPU Andreo 730 yannh hadir pada prosesor tersebut.

Baca Juga:

Apple A14 Bionic

Prosesor Apple keluaran TSMN ini memiliki fabrikasi 5 nm dan terdapat sekitar 11,8 miliar transistor di dalamnya. Prosesor Apple A14 Bionic mengandalkan GPU yang memiliki empat inti untuk mengolah grafis. Apple mengatakan, GPU memiliki kekuatan 50% lebih kencang dari GPU lain.

Apple A14 Bionic juga memiliki keunggulan Neural Engine. Sehingga, dapat menangani tugas-tugas terkait kecerdasan buatan dengan sokongan 16 inti.

Exynos 2200

Prosesor Exynos 2200 menjadi prosesor pertama hasil kerja sama Samsung dan AMD dengan fabrikasi 4 nm. Samsung merancang prosesor ini dengan teknologi Extreme Ultra Violet (EUV) dan mampu menghadirkan pengalaman gaming melalui smartphone seperti menggunakan konsol. Tak heran prosesor ini menjadi salah satu prosesor smartphone terbaik.

Bagikan !