Chipset MediaTek Dimensity 1300 Rilis, Bawa Peningkatan Terbaru

ARUSGADGET – Perusahaan chipset ternama MediaTek berhasil merilis chipset terbarunya yang bertajuk MediaTek Dimensity 1300. Chipset ini tentunya membawa berbagai macam peningkatan dan menawarkan performa yang lebih kencang.

MediaTek Dimensity 1300 merupakan perangkat keras yang nantinya akan mendukung ponsel 5G. Chipset ini membawa keunggulan yang terdiri dari kemampuan Artificial Intelligence (AI) performance dan juga HyperEngine 5.0 untuk menunjang aktivitas gaming.

Performa MediaTek Dimensity 1300

MediaTek Dimensity 1300

Performa yang ditawarkan MediaTek Dimensity 1300 adalah dengan memberikan delapan inti (Octa-core) untuk CPU yang dimilikinya. Octa-core CPU tersebut terdiri dari berasal dari Arm Cortex-A78 dengan kecepatan mencapai 3 GHz untuk 1 Ultra Cores dan 2.6 GHz untuk 3 Super Cores.

Untuk empat inti sisanya merupakan 4 Efficiency Cores yang bersumber dari Arm Cortex-A55 dengan kecepatan mencapai 2 GHz. Selain itu, MediaTek Dimensity 1300 menggandeng GPU 9-inti dengan jenis Arm Mali GPU.

BACA JUGA : Mediatek Rilis Chip Dimensity Baru, Langsung Dua Chip!

MediaTek Dimensity 1300 dibuat dengan TSMC N6. Arsitektur yang dimiliki chipset ini adalah sebesar 6nm untuk produksinya. Fabrikasi tersebut membuat chipset bekerja dengan lebih efisien dalam segi desain dan menunjang ketahanan baterai yang lebih lama.

HyperEngine 5.0

MediaTek Dimensity 1300

Teknologi yang dibawa MediaTek Dimensity 1300 adalah HyperEngine 5.0 yang memberikan kemampuan gaming yang komprehensif bagi ponsel. Terlebih, chipset ini juga memberikan pengoptimalan yang terkait dengan kegiatan gaming, seperti AI-VS,WiFi/Bluetooth Hybrid 2.0, peningkatan latensi earbud nirkabel dari teknologi Bluetooth LE Audio dengan Dual-Link TWS Audio.

Kemudian fitur lainnya yang ditawarkan Dimensity 1300 adalah Great AI Performance. Fitur ini memberikan peningkatan kemampuan Artificial Intelligence (AI). Peningkatan tersebut dibuktikan dengan skor dari 6 inti APU 3.0 yang mencapai 10%.

Dengan peningkatan tersebut, maka akan lebih mudah bagi sebuah ponsel untuk mengoptimalkan tugas AI jika menggandeng MediaTek Dimensity 1300. MediaTek APU 3.0 juga memberikan kemudahan untuk memaksimalkan performa dan efisiensi sembari menangani berbagai tugas.

Fitur MediaTek Dimensity 1300

MediaTek Dimensity 1300

Kemudian Dimensity 1300 membawa peningkatan untuk kinerja kamera ponsel. Chipset ini akan meningkatkan kamera AI dengan memperbaiki berbagai fitur yang tersedia pada kamera. Peningkatan tersebut meliputi beberapa aspek seperti pengoptimalan fotografi di malam hari dan kemampuan HDR untuk memperjelas hasil foto.

Selain itu, ada pula peningkatan pada peningkatan perekaman video 4K HDR dengan real-time 3-exposure fusion yang 40% lebih hebat dibandingkan dengan pengambilan video 4K versi standar. Fitur untuk segi kamera yang akan diberikan chipset ini antara lain 4K HDR Video dengan 3-Exposure Fusion, AI-Pano Night Shot, AI Multi-Person Bokeh Video, Multi-Depth Smart Focus Video, dan AINR + HDR Photo.

MediaTek Dimensity 1300 juga mendukung peningkatan dalam segi layar. Pasalnya, chipset ini mendukung keberadaan teknologi refresh rate yang cepat. Dengan misinya untuk memberikan pengalaman gaming terbaik, chipset ini akan menawarkan zero-lag visual dan sensasi mulus dalam menggulir layar ponsel. Layar juga semakin terdukung dengan resolusi 4K dan teknologi HDR 10+.

BACA JUGA : AMD Ryzen 4000 dan 5000 Series Gandeng Enam CPU Terbaru

Dalam segi konektivitas, MediaTek Dimensity 1300 akan mendukung jaringan 5G dengan dukungan berbagai fitur. Fitur tersebut di antaranya adalah MediaTek 5G UltraSave, 2CC Carrier Aggregation (200MHz), dual 5G SIM, dan dual VoNR.

Spesifikasi MediaTek Dimensity 1300

Dimensity 1300

Spesifikasi yang ditawarkan MediaTek Dimensity 1300 antara lain dukungan tipe memori LPDDR4x yang membawa RAM maksimal 16 GB. Kemudian untuk penyimpanan internalnya mendukung tipe penyimpanan UFS 3.1.

BACA JUGA : Chipset Setara UNISOC Tiger T310 Dengan Performa Terbaik Di Kelasnya

Untuk resolusi kamera yang didukung Dimensity 1300 antara lain meliputi kamera beresolusi 32 MP + 16 MP atau kamera yang beresolusi 200 MP. Kemudian resolusi maksimal yang ditawarkan chipset dalam segi video adalah 3840 x 2160.

Selain resolusi layar, ada pula resolusi layar yang terdukung Dimensity 1300. Resolusi layar maksimum yang bisa diraih dengan menggandeng chipset ini adalah sebesar 2520 x 1080 piksel. Kemudian untuk penyematan teknologi refresh rate, chipset ini mendukung hingga 168Hz refresh rate.

Keberadaan chipset MediaTek Dimensity 1300 tentunya menjadi pertanda bagi ponsel baru yang akan menggandengnya. Rumor pun berdatangan menebak ponsel mana yang nantinya akan menggandeng chipset terbaru MediaTek ini. Ada kabar yang mengatakan bahwa ponsel kelas menengah OnePlus Nord 2T/Nord 3 akan menggandeng MediaTek Dimensity 1300 nantinya.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !