Beginilah Cara Cek Kondisi Baterai Laptop Berbasis Windows

ARUSGADGET- Sebagai barang elektronik, laptop mengandalkan baterai sebagai media untuk menyimpan daya sebagai sumber tenaga. Kapasitas pada setiap laptop berbeda-beda berdasarkan dengan jenis laptopnya juga.

Sama seperti perangkat pada umumnya, laptop juga memiliki permasalahan pada baterai. Bagi pengguna laptop, penting untuk tahu cara cek kondisi baterai supaya bisa mengatasi permasalahan lebih cepat.

Setiap laptop memiliki tenaga kerja dan kapasitas baterai yang berbeda-beda. Namun kapasitas pada semua laptop juga akan menurun. Hal tersebut tergantung dengan keadaan laptop dan siklus pemakaian laptop.

Karena laptop barang elektronik yang sering digunakan terutama untuk bekerja, ataupu kuliah, maka itu bisa menjadi penyebab dari permasalahan baterai.

Pengguna tidak bisa menghidar permasalahan baterai jika tinggi intensitas pemakaian laptop. Namun kita sebagai pengguna bisa mengecek kesehatan baterai sehinnga bisa meminimalisir kerusakan parah pada baterai. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui cara cek kodisi baterai.

Apabila kamu belum mengetahui langkah apa yang harus kamu lakukan untuk mengecek baterai, maka kamu harus membaca artikel ini hingga selesai. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk meliht kondisi kesehatan dari baterai laptop yang kamu miliki.

Cara Cek Kondisi Baterai Laptop Windows

Cara Cek Kondisi Baterai

Jika kamu memiliki laptop yang menggunakan basis Windows, berikut cara mudah untuk mengecek kesehatan baterai tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan

  1. Langkah pertama, ketik di kolom Seacrh “Command Prompt” kemudian kamu klik
  2. Jika sudah masuk pada menu Command Prompt, ketik “powercfg/batteryreport dan tekan enter
  3. Setelah tekan enter, maka layar akan muncul link (HTML) “C:\WINDOWS\system32\battery-report.html”
  4. Copy link tersebut dan kemudian masuk pada browser dan paste link tersebut. Tekan enter
  5. Setelah enter akan muncul halaman dengan berbagai macam menu
  6. Pilih “Battery Life Charge”. Pada menu tersebut kamu bisa melihat kapasitas laptop akan bertahan sampai kapan
  7. Untuk cek kapastitas baterai pilih “Battery Usage”. pada menu itulah kamu bisa mengecek kapasitas baterai yang sudah kamu gunakan
  8. masuk ke bagian “Recent Usage” dan di menu tersebut akan menampilkan kaastitas baterai dan durasi yang cocok untuk kapasitas tersebut.

Itulah Cara Cek Kondisi Baterai Laptop Berbasis Windows, semoga bisa membantu, salam.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !