10 Produk HP Dalam Negeri, Kualitas Berani Bersaing

Pasar Handphone ( HP) dalam negeri Indonesia memang dibanjiri produk Hp asing, namun ada baiknya kita harus bangga dengan produk dalam negeri, bahkan kualitasnya juga tidak kalah dan berani bersaing.

Advan adalah merk dalam negeri yang saat ini masih menawarkan harga terjangkau di pasaran. Sebagai produk dalam negeri Advan juga konsisten merilis berbagai jenis HP terbaru.

Lalu apa saja seri Produk HP Dalam Negeri dari advan, ARUSGADGET akan mengulas produk Hp dalam negeri yang kualitasnya berani bersaing.

Kebanggan pada produk dalam negeri dapat memberikan efek positif ganda. Selain serapan pasar yang meningkat, membeli produk dalam negeri juga dapat meningkatkan industri dalam negeri.

Pastinya dengan bangga membeli produk Hp dalam negeri, terdapat efek domino posiitif yang dapat mendongkrak produk produk dalam negeri lainya.

Jika dilihat beberapa negara yang saat ini maju, seperti Jepang dan Korea, mereka sangat bangga jika membeli Produk HP Dalam Negeri. Maka tidak ada salahnya kita juga harus mendukung produk dalam negeri dan banga membelinya.

BACA JUGA :

Yuk kita simak seri apa saja Hp produk dalam negeri yang kualitasnya berani bersaing.

1. Produk HP Dalam Negeri Pertama Advan G9 Perfecto

Ketersediaan HP dengan harga terjangkau yang beredar di pasar harus terjaga. Dari itu Advan senantiasa merilis beragam jenis Smartphone yang terjangkau bagi masyarakat.

Meski demikian, Hp produk dalam negeri ini juga cocok dan mendukung berbagai kegiatan, baik berselancar di dunia maya, kegiatan belajar jarak jauh, streaming, maupun mengerjakan tuags lain termasuk tele onfrence.

Dengan kamera 16 mega pixel juga dapat menghasilkan gambar yang memuaskan. Didukung dengan batrei 5200 mAh menjadikan Hp ini mampu beroperasi dengan durasi panjang.

Dengan layar lebar 6,6 inchi yang cukup lebar, menjadikan penggunanya nyaman, apalagi saat harus melakukan tugas tugas digital secara jarak jauh.

Advance G9 Perfecto merupakan upgrade dari Advan G9. HP ini memiliki desain yang lebih stylish dengan resolusi kamera yang lebih tinggi.

BACA JUGA :

Spesifikasi Advan G9 Perfecto

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 16 MP (wide) MP (depth) MP (AI) MP (AI)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.299.000

Beberapa Keunggulan dan Kekurangan Advan G9 Perfecto

Dengan spesifikasi tersebut Advan yang merilis satu ponsel baru pada Agustus 2021 lalu dengan harga kisaran 1 jutaan. Peluncuran Advan G9 perfecto sekaligus melengkapi Hp jenis ini yang sebelunya dirilis pada 2020 lalu. Jenis tersebut yakni Advan G9 series dan Advan G9 pro.

Harga yang dibaderol cukup terjangkau, pada saat awal rilis Advance G9 Perfecto dibaderol harga Rp 1.299.000,padahal seri sebelumnya yaitu Advan G9 pertama dirilis seharga Rp 1.4 jutaan. Saat ini harga Advan di pasaran G9 Pro dikisaran Rp 1,65 jutaan.

Harga tersebut tentu sangat menarik, dibandingkan harga Hp merk lain dikelasnya yang dijual diatas Rp 2 jutaan.

Lalu apa saja keunggulan dan kekurangan Advan G9 Pro? Yuk kita simak

Hp Advan G9 Perfecto memiliki beberapa keistimewaan mulai dari desain, tampilan hingga RAM yang memadai.

Desain Istimewa

Produk HP Dalam Negeri seperti Advan G9 Perfecto memiliki pebedaan signifikan dibanding kembarannya yang rilis lebih awal. Perbedaan itu paling mencolok terlihat pada desain penutup bagian belakang.

Nah yang terlihat keren adalah Advan G9 Perfecto ini memiliki efek hologram yang dapat menampikan huruf X. Efek ini akan muncul ketika terpapar cahaya pada penutup bagian belakang. Nah paparan cahaya itu akan menimbulkan pancaran cahaya yang berpendar hingga ke berbagai arah.

Polesan Advan G9 Perfecto pada penutup bagian berjenis matte dan bukan glossy. Sehingga tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Selain itu ada pula tompol port, lubang speaker dan mikrofon hingga layar yang bergaya tetesan air.

Secara dimensi, Advan G9 Perfecto relatif sama dengan Advan G9 pendahulunya yakni 165 x 76,3 mm x 9,5 mm. Berat atau bobotnya hanya 191 gram termasuk ringan. Apalagi dengan batrei 5200mAh dan layar 6,6 inci.

Tampilan

Dengan layar IPS LCD bentar 6,6 inci, serta resolusi HD + 720x 1600 piksel tampilan Advan G9 pro cukup kuat, dengan rasio yang dipakai cukup kekinian yakni 20:9.

Bezel pada sisi kanan dan kiri serta bagian atas sudah tampak tipis. Di bagian bawah Bezel lebih tebal, ini memudahkan pengguna untuk navigasi gestur saat menggeser atau mengusap layar. Selain itu ibu jari juga memiliki landasan yang semakin mudah untuk melakukan usapan atau geser.

Dengan layar 6,6 inci ini cukup luas. Sehingga memudahkan pengguna saat melakukan game, nonton film, hingga vidio confrence maupun seminar dan belajar secara online.

Sementara itu pendapat Krida Patty dari kanal TeknoLoGue menyebutkan, Advan G9 pro cukup handal meski digunakan diluar ruangan. Konten tetap terlihat jelas dari berbagai sudut pandang.

Sebagai pengaman, ponsel ini juga sudah memasang lapisan anti gores pada permukan layarnya.

RAM Besar

Advan G9 Perfecto memiliki memori 32 GB dengan untuk ruang penyimpanan dan 4 GB RAM. Ukuran yang dimiliki Advan G9 Perfecto memang tidak lebih besar dari pendahulunya, yang memiliki penyimpanan 64 GB dan RAM 6GB.

Meski demikian RAM 4 GB juga cukup memadai dan dapat mendukung pemakaian standar saat ini. RAM 4 GB juga sulit ditemukan pada HP dengan harga dikisaran Rp 1 jutaan.

RAM 4 GB juga mendukung performa dan kinerja yang multitasking atau kerja ganda.

Advan G9 Pro ini juga memiliki sistem operasi yang ringan dengan Android 10 dan tanpa kostumisasi.

Memiliki Slot, Port USB dan Speaker

Dengan kapasitas internal 32 GB, maka pengguna juga harus pandai pandai memilih aplikasi yang dibutuhkan. Agar tidak kelebihan beban maka, pengguna harus rajin melihat memori penyimpanan. Termasuk mengontrol agar tidak over kapasitas.

Advan G9 Pro juga memiliki dua slot untuk kartu SIM dan Micro SD. Slot Micro SD ini dapat digunakan khusus untuk menambah ruang penyimpanan, baik menyimpan file media ataupun file dokumen.

Penggunaan micro SD sangat membantu penyimpanan, agar ponsel lebih ringan saat bekerja. Bila Micro SD penuh pengguna juga dapat memindah file ke flashdisk.

HP ini dapat membaca Flashdisk karena port USB C juga mendukung USB On The Go.Posisi Port USB terletak di sisi atas berdekatan dengan Jack audio.

Sedangkan speaker pada HP ini terletak di sisi rangka bawah. Dengan posisi itu, saat Hp ditaruh, maka suara yang dikeluarkan tidak tertahan sehingga tetap nyaring.

Batrei Tangguh

Daya tahan dan penyimpanan energi merupakan keunggulan tersendiri. Para pengguna HP tentu ingin agar Hp memiliki daya energi lebih awet tahan lama. Dengan kapasitas 5200 mAh, sangat memungkinkan Hp tersebut beroperasi sehari penuh atau lebih. Apalagi dengan resolusi HD dan sistem operasi yang ringan yakni Android 10.

Beberapa Kekurangan Advan G9 Perfecto

Meski beberapa kekurangan ini dinilai subjektif, tentu pengguna boleh setuju atau menolak.

Chipset Keluaran 2018

Advan G9 Perfecto memakai Chipset keluaran 2018, unisoc SC 9863A. Mengutip kanal YouTube Riswan Zone, Pengujian yang dilakukan dengan game Mobile Legends pada setelan Graphic High. Gambar yang nampak kurang begitu lancar, untuk itu disarankan menurunkan graphich di level low agar tetap maksimal.

Sitem Operasi bukan yang Baru

Pemakaian sistem operasi lama sebenarnya tidak masalah, hanya saja hp akan tertingal dengan beberapa fitur baru. Selain itu faktor keamanan atau security patch menjadi petimbangan, hal ini terkait dengan keamanan data.

2. Advan Luna G9

Advan Luna G9

Kita semua tentu ingin agar produk dalam negeri berjaya. Maka ada baiknya selalu memilih produk lokal. Dengan harga yang dibanderol Rp 1 jutaan, anda sudah cukup bangga dengan Hp Advan Luna G9.

HP ini bisa jadi pertimbangan, selain memiliki desain menarik. Hp Advan Luna G9 memakai kamera seperti dalam layar. Sedangkan bagian belakanag juga memiliki efek berpendar.

Meskipun perangkan dalam masih memakai Soc Unisoc AS 9863A dengan fabrikasi 28 nm. HP ini memiliki RAM 4 GB yang dapan mendukung kinerja maksimal.

Termasuk berselancar di media sosial. Advan Luna G9 memiliki port USB dengan dukungan USB OTG, dan memakai sistem operasi Android 11. Sedangkan kapasitas batrei sebesar 4500 mAh.

Spesifikasi Advan Luna G9

Layar IPS LCD 6.39 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (AI)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.299.000

3. Advan G5 Plus

Kebutuhan Handphone kadang tidak harus yang muluk muluk. Tetapi cukup dengan spesifikasi standar dan dapat digunakan sehari hari. Advan G5 Plus menyasar segmen tersebut.

Hadir dengan layar 6,6 inci dan kaca lengkung 2,5 D, HP ini sangat cocok bagi pengguna yang senang menonton film. Tak hanya itu, Advan G5 Plus juga cocok untuk kegiatan belajar jarak jauh secara daring.

Dengan bobot hanya 190 gram hp ini cukup ringan. Menggunakan Soc Unisoc SC9863A dengan delapan konfigurasi inti, berkecepatan 1,6 GHz. Memiliki RAM 3 GB dan menggunakan sistem Adroid 11.

Tentu Hp ini memiliki kinerja handal dan multi tasking. Harganya juga sangat terjangkau , hanya kisaran Rp 1 jutaan.

Spesifikasi Advan G5 Plus

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 3500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.050.000

4. Advan GX

Advan GX merupakan HP yang cukup kompatibel. HP ini bisa dibilang sudah memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat Indonesia. Dengan harga kisaran Rp 2 jutaan, Advan GX memiliki performa yang mumpuni.

Dengan Soc Unisoc Tiger T618 dan rilis pada tahun 2019 lalu, HP ini memiliki performa yang unggul. Bahkan menurut beberapa pihak mampu mengungguli Snapdragon 662.

Termasuk untuk penggunaan game berat, seperti Genshin Impact rupanya masih cukup mumpuni. Dengan frame rate 35-25 fps. Advan GX juga memiliki daya tahan batrei yangm aksimal.

Penggunaan live streaming You Tube selama satu jam, daya batrei hanya berkurang 4 persen.
Secara umum hardware Hp ini tidak ada masalah, sedangkan kualitas sofware bisa dilakukan dengan rutin update. Hal itu untuk menjaga performa kinerja, termasuk ketabilan, komposisi warna hingga ketajaman gambar pada kamera.

Spesifikasi Advan GX

Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset Unisoc Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000

5. LUNA Warrior G6E

Ponsel produk dalam negeri yang satu ini cukup mumpuni, yakni Luna warrior G6E. Ponsel ini memiliki kekuatan batrei dengan kapasitas 8000 mAh. Kapasitas yang melebihi ponsel dari luar negeri. Dengan kapasitas itu tersebut HP mampu menyala seharian.

Memiliki Chipset Media Tek Helio G25, Hp ini juga memiliki teknologi NFC. Pengguna dapat melakukan transfer data digital dengan mudah. Dengan sistem android 10 Hp ini memiliki kamera belakang 13 mega piksel + 2 MP + 2 MP + 0,3 MP dan kamera depan 8 MP resolusi.

Salah satu keunggulannya, layar terbuat dari IPS LCD ukuran 5,86 inci. Body Hp ini juga terlindungi oleh Gorilla Glass 5 yang melindungi dari benda kasar dan tajam, sekaligus tahan banting. Memiliki kapasitas penyimpanan 6/64 GB, hp ini di pasaran senilai Rp 2,8 jutaan.

Spesifikasi Luna Warrior G6E

Layar IPS LCD 5.86 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP () 2 MP () 0.3 MP ()
Baterai – 8000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.899.000

6. Evercoss M60

Evercross M60 merupakan produk Hp dalam negeri yang cukup murah. Dengan harga kisaran Rp 1 jutaan, Hp ini menggunakan sistem operasi Android 10.

Evercross M60 mampu bekerja maksimal dengan Quar Core berkecepatan 1.4 GHz. Selain itu ruang penyimpanan memori internal 16 GB dengan Ram 2 GB.

Kapasitas penyimpanan bisa lebih besar dengan slot memori eksternal hingga 32 GB. Layar menggunakan panel IPS LCD 5,7 inci. Ukuran yang sangat nyaman dalam neggaman dan ramah di saku kantong celana.

Konfigurasi kamera 8 MP dengan dual kamera yang memiliki flash dan autofokus. Kamera dengan memiliki 5 MP. Dan daya batrei sebesar 3000 mAh.

Spesifikasi Evercross M60

Layar IPS LCD 5.7 inci
Chipset Spreadtrum
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 8 MP (wide) 2 MP ()
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 799.000

7. Mito Z5

Mau Hp produk dalam negeri yang praktis untuk sehari hari, Mito Z5 hadir di pasar dengan harga kisaran 1 jutaan. Meski tidak bisa berharap berlebihan, namun secara fungsi standar Hp ini bisa diandalkan. Dengan layar 5 inci, CPU set up Quad Core dengan clock speed 2,3 GHz.

Memiliki kamera belakang 8 MP, lengkap dengan flash dan fitur aoutofokus. Dengan RAM 2 GB. Ponsel yang terbilang murah ini sudah didukung dengan koneksi Wifi.
Dengan harganya yang sekitar Rp750 ribuan, pastinya kita tidak bisa berekspektasi spek yang muluk-muluk pada Mito Z5 ini. Ponsel ini sekilas tampak jadul dengan koneksi LTE atau 4G, serta koneksi sinyal Wi Fi, serta menggunakan sistem operasi Android 8 Oreo.

Spesifikasi Mito Z5

Layar: IPS LCD 5 inci
Chipset: Quad Core 1.3 GHz
GPU: –
RAM: 2GB RAM
Memori Internal: 32 GB
Memori Eksternal: n/a
Kamera Belakang: 8 MP
Kamera Depan: 5 MP

Baterai: 2100 mAh

8.Mito Z3

Mito Z3 memiliki layar yang lebih lebar yakni 6,3 inci dengan panel IPS . HP ini tambil lebih modern. Layar yang lebar juga semakin nyaman untuk nonton film atau You Tube.

Mito Z3 memiliki beberapa keunggulan, yaitu fitur face unlock, 4G koneksi, dual kamera belakang. Hanya saja Mito Z3 masih menggunakan android 6.

Kapasitas RAM masih 2 GB, sedangkan memori penyimpanan lebih luas yakni 8 GB. Dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 8 GB, maka pengguna harus benar benar memilah aplikasi yang akan terinstal.
Dengan harga kisaran Rp 750 ribuan, daya batrei Mito Z3 ini sebesar 2500 mAh. HP ini lebih cocok untuk pengguna konten, seperti browsing atau You Tube.

Spesifikasi Mito Z3

Layar: IPS LCD 6,3 inci
Chipset: Quad Core 1.3GHz
GPU: –
RAM: 2 GB
Memori Internal: 8 GB
Memori Eksternal: n/a
Kamera Belakang: 5 MP + 5 MP
Kamera Depan: 5 MP

Baterai: Li-Po 2500 mAh

9. Advan G5 Elite 2021

Ponsel yang rilis tahun 2021 ini layak menjadi pilihan. Advan semakin menunjukkan eksistensi dengan pilihan yang beragam. Advan G5 Elite 2021 ini memiliki layar 6,1 inci. Kapasitas penyimpanan 3/16 GB sangat cukup untuk ruang kebutuhan penyimpanan.

Kekuatan daya batrei sebesar 3000 mAh yang memungkinkan lebih awet, tanpa harus bolak balik mengisi daya. Sistem operasi menggunakan Android 10, dengan CPU Quad Core berkekuatan 1,4 GHz.

Memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera selfie resolusi 5 MP..Beberapa fitur pendukung yang ada yakni jaringan 4G LTE, dual SIM card, koneksi Wi-Fi. Ga pasaran juga sangat terjangkau yakni kisaran Rp 1,1 jutaan.

Spesifikasi Advan G5 Elite 2021

Rilis: Februari, 2021
Layar: IPS 2.5D Glass, 6,1 inci, HD+
Chipset: UNISOC SC9832E
CPU: Quad-core 1,4 GHz
GPU: Mali-T820 MP1
RAM: 3 GB
Memori Internal: 16 GB
Memori Eksternal: microSD, hingga 64 GB
Kamera Belakang: 13 MP
Kamera Depan: 5 MP
Baterai: Li-Po 3000 mAh

10. Evercoss Tera S6

Nama Evercross sudah cukup familiar dikalangan masyarakat , Evercross Tera S6 sebagai produk HP dalam negeri ini dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan. Memiliki RAM 4 GB, memori internal 32 GB dan slot micro SD khusus untuk tambahan penyimpanan.

Untuk kebutuhan mengambil gambar, HP ini memmiliki kamera belakang dengan tampilan tripel kamera.

Dengan pacu Unisoc yang mencakup delapan inti ARM Cortex A55 1,6 GHz, ponsel ini cukup memadai untuk kegiatan ringan ataupun game-game standar.

Spesifikasi Evercross Tera S6

Layar: IPS LCD 6,6 inci
Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
CPU: Octa Core (8 x ARM Cortex A55 1,6 GHz)
GPU: PowerVR Rogue GE8322
RAM: 4 GB
Memori Internal: 32 GB
Memori Eksternal: microSD, hingga 64 GB (slot khusus)
Kamera Belakang: 13 MP + Triple Camera
Kamera Depan: 8 MP
Baterai: Li-Po 4500 mAh

Nah itu tadi beberapa Produk HP Dalam Negeri, Produk dalam negeri yang dapat dibanggakan. Masih ada beberapa jenis Hp yang belum di ulas dan akan kita sajikan pada tulisan berikutnya.

Bagikan !