Apple Resmi Buka Penjualan iPad Air Gen 5 di Indonesia, Harga Rp 10 Jutaan

ARUSGADGET – Apple merilis produk terbarunya dalam kategori iPad dengan tajuk iPad Air Gen 5. Seperti namanya, produk ini merupakan generasi kelima dalam kategori iPad.

Sebenarnya, iPad Air Gen 5 sudah lama ditampilkan dalam website Apple Indonesia. Namun, penjualannya baru saja dimulai. Tajuk yang diangkat untuk penjualan produk iPad terbaru ini adalah “Ringan. Berwarna. Bertenaga.”

Sejalan dengan tagline nya yang bertajuk ringan, produk ini hanya memiliki bobot sekitar 400 gram saja. Untuk model Wi-Fi memiliki bobot 461 gram dan model Wi-Fi + cellular memiliki bobot 462 gram. Dimensi dari iPad Air Gen 5 adalah 247,6 x 178,5 x 6,1 mm.

Bodi dari iPad Air Gen 5 dihiasi dengan varian warna yang beragam. Mulai dari warna Abu-abu, Starlight, Ungu, Pink, dan Biru. Bodinya sudah mencakup speaker, tombol atas yang terintegrasi dengan sensor Touch ID, mikrofon, wadah nano-SIM, konektor USB-C, kamera, dan juga tombol volume.

BACA JUGA : Apple iPad Air 5 Bertengger di Laman SDPPI Kemenkominfo, Ini Spesifikasinya!

Layar iPad Air Gen 5

iPad Air Generasi Kelima

Beralih ke bagian depan, wajah iPad Air memiliki desain layar yang penuh. Layar produk ini adalah Liquid Retina yang berukuran 10,9 inci.

Kepuasan dalam melihat konten visual sudah pasti didapatkan dalam produk ini. Ditambah dengan keberadaan beragam teknologi canggih seperti True Tone, warna luas P3, serta lapisan anti reflektif. Teknologi tersebut akan memberikan pengalaman terbaik dalam melihat.

Kecerahan layar iPad Air Gen 5 didukung hingga maksimum 500 nits. Resolusi layarnya adalah sebesar 2360 x 1640 piksel. Kemudian Apple memberikan dukungan untuk Apple Pencil generasi ke-2.

Layar tersebut dilengkapi dengan bezel tipis yang memuat kamera depan. Notch punch hole terletak di bagian tengah atas layar. Untuk bagian atas bezel, produk ini membawa tombol yang digunakan untuk mendeteksi sensor sidik jari.

Performa iPad Air Gen 5

Apple iPad Air Gen 5

Chipset yang menjadi tenaga bagi iPad Air Gen 5 merupakan chipset khas Apple. Apple M1 akan memberikan performa mulus untuk berkreasi dan bermain game. Sebagai pendukung, Apple juga menyediakan aplikasi SketchUp.

Performa yang dimiliki iPad Air Gen 5 merupakan hasil dari CPU 8 inti yang ada di dalamnya. Kemudian, kartu grafis 8 inti yang ada dalam produk ini menghadirkan kekuatan grafis yang 2x lebih cepat. Berfungsi untuk memuluskan performa Procreate, uMake, serta kekuatan baterai yang tahan lama.

Kemudian, chipset Apple M1 juga bersanding dengan Apple Neural Engine yang akan mempercepat pemrosesan mesin. Pengeditan foto semakin cerdas dengan dukungan Pixelmator Photo.

BACA JUGA : Beginilah Spesifikasi iPad Air 2022 Dengan Keunggulan Chipsetnya

Berkat keberadaan Apple M1 sebagai tenaga dari iPad Air, maka produk ini didukung dengan RAM 8 GB. Kemudian untuk penyimpanan internal, produk ini didukung dengan varian 64 GB dan 256 GB.

Kamera iPad Air Gen 5

Kamera iPad Air Gen 5

Untuk kegiatan foto dan video, iPad Air Gen 5 dilengkapi dengan kamera depan ultrawide 12 MP. Kamera depan ini memungkinkan pengguna untuk tetap berada di tengah frame meskipun berpindah tempat. Hal tersebut didukung berkat adanya Center Stage.

BACA JUGA : iPad Pro 2021, 12,9 inci Layar LED XDR, Masih Layak Beli?

Beralih ke kamera belakang, iPad Air Gen 5 dilengkapi dengan wide camera 12 MP. Fitur yang diberikan Apple untuk kamera belakang produk ini adalah Smart HDR yang akan memberikan hasil menawan pada foto.

iPad Air Gen 5 dapat dilindungi dengan cover Smart Folio yang tersedia dalam berbagai warna. Selain itu, ada pula dukungan untuk menyambungkan iPad Air dengan Magic Keyboard untuk membantu memudahkan proses penulisan.

Software iPad Air Gen 5

Varian warna iPad Air Gen 5

Sistem operasi dalam iPad Air ini tentunya didukung dengan iPadOS. Versi yang hadir untuk produk ini adalah iPadOS 15. Dengan sistem operasi tersebut, maka iPad dapat membantu pengguna untuk menuangkan ide dengan Quick Notes, SharePlay, Live Text dan fitur lainnya.

iPad Air Gen 5 dijual di Indonesia untuk kategori Wi-Fi saja. Varian kapasitas yang ditawarkan untuk produk ini adalah 8/64 GB dan 8/256 GB dengan mengusung harga Rp 10,9 juta. Kotak untuk produk ini akan mencakup iPad Air, kabel pengisian daya USB-C 1 meter serta adaptor USB-C dengan daya 20W.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !