Categories: Review Hp

7 Smartphone Canggih Keluaran Realme yang Wajib Dilirik Anak Muda

Pada zaman sekarang, smartphone memang sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Karena itulah, setiap produsen smartphone berlomba-lomba menampilkan fitur-fitur menarik dan kekinian untuk memanjakan para penggunanya. Bicara soal perkembangan teknologi smartphone, sejak dulu negara-negara di benua Eropa dan Amerika memang penghasil ponsel pintar terbaik.

Namun kini, smartphone buatan Asia pun tidak kalah dengan produk gawai dari negara-negara di kedua benua tersebut. Sebut saja seperti Korea Selatan, Jepang, Taiwan, sampai Tiongkok mampu menghasilkan produk-produk smartphone berkualitas yang sudah banyak penggemarnya. Beberapa brand populer seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, hingga yang terbaru yaitu Realme begitu mudah menarik perhatian pengguna gawai di dunia.

Dari banyaknya produk smartphone dari Asia, Realme perlahan tapi pasti mulai dilirik. Sebagai sub-brand dari Oppo, Realme memang lebih fokus menyasar kalangan anak-anak muda. Kehadiran Realme pun mulai dilirik milenial di Indonesia, terutama ketika produk yang berpusat di Shenzhen ini menggaet artis muda yang kini sangat digandrungi generasi muda Indonesia, Iqbaal Ramadhan sebagai brand ambassador.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba smartphone Realme, tenang saja, kami akan membahas seluruh produk Realme secara lengkap. Supaya Anda bisa memilih smartphone yang paling sesuai dengan kebutuhan, intip ulasannya berikut ini!

Inilah 7 Smartphone Realme Rilisan 2019 yang Bisa Anda Pilih!

1. Realme C1

Realme C1

Diperkenalkan secara resmi kepada publik pada September 2018, Realme C1 menjadi amunisi Realme untuk menyaingi kejayaan Xiaomi di pasar entry-level. Bahkan untuk varian Realme C1 2019 (Januari 2019), Realme tampak cukup percaya diri kalau produknya ini bakal jadi lawan berat Xiaomi Redmi 6 sebagai raja baru di kelas entry-level. Seperti apa tampilannya? Berikut fitur dan spesifikasinya:

Baterai

Baterai merupakan ‘nyawa’ utama dari smartphone. Karena tanpa daya baterai yang mumpuni, smartphone pun tidak bisa digunakan dengan maksimal. Untuk C1, Realme memberi baterai berkapasitas 4230 mAh yang mampu bertahan hingga 36 jam.

Performa

Selain memiliki daya baterai yang bagus, performa dari C1 patut diacungi jempol. Dengan paduan dapur pacu Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm), Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 dan Adreno 506, Anda bisa lancar bermain game PUBG saat mengatur grafisnya jadi medium.

Kamera

Bagi Anda yang sering selfie atau hobi mengambil gambar, C1 bisa jadi smartphone yang memuaskan. Di bagian belakang ada dua lensa kamera berukuran 13 MP yang punya fitur autofocus dan 2 MP yang menampilkan efek bokeh. Untuk kamera depan, C1 bisa menghasilkan selfie baik lewat lensa berukuran 5 MP. Dengan hasil gambar tampak oke, bakal bikin betah selfie.

Dengan fitur dan spesifikasi yang cukup memuaskan untuk ponsel kelas entry-level, Realme membanderol C1 dengan harga cukup terjangkau. Tertarik membelinya? Siapkan dana Rp 1,5 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang Realme C1.

2. Realme 1

Realme 1

Produk smartphone berikutnya adalah tipe Realme 1. Resmi dirilis pada Mei 2018, Realme 1 adalah produk pertama dari mereka. Karena keluaran pertama, tampilan Realme 1 memang sangat mirip dengan ponsel-ponsel keluaran Oppo. Seperi yang sudah dijelaskan sebelumnya, Realme memang sub-brand dari Oppo. Bahkan pendiri Realme, Sky Li, pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Oppo. Berikut spesifikasi dan fitur yang ditawarkan Realme 1:

Kualitas Layar

Dengan layar berukuran 6 inchi, Realme 1 memiliki resolusi 1080 x 2160 piksel. Tak heran kalau kualitas layar Realme 1 yang bertipe IPS LCD ini mampu menghasilkan tampilan tajam dan jelas yang mampu memberikan kenyamanan penggunanya.

Performa

Dengan paduan Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm), Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53) dan Mali-G72 MP3, Realme 1 memang belum mampu menandingi performa Oppo. Namun ponsel ini sangat cocok untuk Anda pemain PUBG, asalkan diatur dengan grafis medium.

Kapasitas Memori

Kapasitas penyimpanan internal dari Realme 1 cukup besar dan berbeda-beda. Beberapa pilihannya adalah 128 GB/6 GB RAM, 64 GB/4 GB RAM dan 32 GB/3 GB RAM. Tentu dengan kemampuan RAM berbeda, harga Realme 1 juga tidak sama.

Kamera

Realme 1 memiliki dua kamera utama yakni pada bagian depan dan belakang. Untuk bagian depan bisa digunakan selfie dengan ukuran 8 MP. Sementara di bagian belakang berukuran 13 MP dan memiliki fitur Phase Detection Auto Focus (PDAF).

Untuk pasar Indonesia, Realme membanderol Realme 1 ini di kisaran Rp 2,3 juta- Rp 2,9 juta.

3. Realme C2

Realme C2

Setelah sukses mengeluarkan tipe Realme C1, akhirnya Realme melanjutkannya dengan merilis Realme C2 pada April 2019 kemarin. Dengan tampilan yang lebih fresh dan kekinian, harga C2 jelas lebih mahal daripada C1. Realme memberikan desain dewdrop serta tekstur diamond cut yang membuat C2 terlihat lebih cantik dan mewah. Tertarik? Berikut ini fitur dan spesifikasi lengkapnya:

Sistem Operasi

Sebagai ponsel keluaran baru, sistem operasi pada Realme C2 memang yang paling mutakhir. Di mana smartphone dengan lebar layar 6.1″ ini sudah menggunakan Android 9.0 alias Android Pie.

Performa

Realme C2 mengusung chipset MediaTek Helio P22 berkonsep Octa-core dengan kecepatan 1.8 GHz. Tentunya bisa dipakai untuk game atau fitur lainnya yang tampak lebih ringan serta cepat untuk digunakan.

Kamera

Tidak terlalu jauh dengan ‘saudaranya’, kemampuan kamera Realme C2 serupa dengan C1. Di mana pada kamera depan berukuran 5 MP lalu dua kamera belakang dengan ukuran 2 MP dan 13 MP. Hanya saja untuk kamera Realme C2 lebih unggul karena sudah memiliki fitur Chroma Boost. Di mana hasil kamera jauh lebih maksimal karena bantuan AI.

Dengan kemampuan yang sedikit lebih baik, harga Realme C2 memang di atas C1. Tertarik memiliki? Siapkan dana kurang lebih Rp 1,7 juta.

4. Realme U1

Realme U1

Resmi diperkenalkan pada November 2018, Realme U1 adalah seri paling baru dari varian Realme U. Sebagai varian terbaru, tentu saja Realme U1 memiliki tambahan fitur yang keren. Bahkan tak berlebihan kalau Realme U1 bisa menjadi pesaing serius hingga mengungguli Oppo F7, Honor 8X hingga Samsung Galaxy A7. Penasaran seperti apa kerennya? Intip ulasan fitur dan spesifikasinya berikut ini:

Kualitas Layar

Realme U1 ini memiliki layar dengan kualitas yang baik. Adapun resolusi dari layar ini adalah 1080 x2340 menggunakan panel layar IPS, serta rasio layar 19:9 dan ukuran layar 6.3 inchi.

Kamera

Realme membenamkan dua jenis lensa kamera di bagian belakang U1. Ukuran lensa pertama adalah 13 MP dengan fitur Auto Focus dan kamera kedua dengan ukuran 2 MP yang bisa memberikan efek bokeh. Tak hanya mampu menjepret pemandangan dengan baik, Realme U1 bisa jadi smartphone favorit para penggila selfie. Tak main-main, Realme memasang ukuran 25 MP untuk kamera depan yang bisa bikin Anda betah selfie.

Performa

Memasang chipset Mediatek Helio P70 (12nm) dan Mali-G72 MP3 di bagian GPU, Realme U1 sudah diperkuat Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53). Dengan hasil demikian, performa Realme U1 jelas sangat memuaskan, apalagi jika Anda kerap menggunakannya untuk selfie. Sehingga untuk keperluan game kekinian, bakal lancar jaya.

Dengan harga Rp 2 jutaan yang dipatok untuk Realme U1, Anda tentu bisa menjadikan ponsel ini sebagai pilihan yang tidak mengecewakan.

5. Realme 3 Pro

Realme 3 Pro

Setelah sukses dengan keempat jenis smartphone sebelumnya, Realme pun semakin percaya diri dalam pasar smartphone dunia. Realme pun mulai mengembangkan kemampuannya dengan menghasilkan seri-seri terbaru yang jauh lebih berkualitas. Salah satunya adalah Realme 3 Pro yang dirilis pada April 2019. Dengan tampilan desain kekinian dan sangat cantik, berikut beberapa spesifikasi unggulannya:

Kualitas Layar

Layar yang dimiliki Realme 3 Pro ini memiliki resolusi Full HD 1080 x 2340 piksel. Dengan resolusi itu, tampilan layar selebar 6.3″ ini begitu jernih dan enak untuk dipandang walaupun masih menggunakan IPS LCD.

Performa

Realme 3 Pro menggunakan chipset Snapdragon 710 sehingga membuat performa smartphone sangat kencang. Didukung Adreno 616 di bagian GPU serta dapur CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver), tentu Realme 3 Pro bisa jadi kesayangan para gamer. Mau main PUBG dengan grafis tertinggi? Tak ada masalah!

Kamera

Sama halnya dengan seri lain, Realme 3 Pro memiliki dua lensa kamera utama yang memiliki ukuran 16 MP dan 5 MP. Untuk ukuran 5 MP menggunakan lensa Depht Sensor yang bisa menambah efek bokeh. Sedangkan kamera depannya mencapai ukuran 25 MP seperti U1 yang bikin selfie makin menyenangkan.

Baterai

Pada Realme 3 Pro, baterai yang digunakan adalah baterai jumbo berkapasitas 4045 mAh dengan teknologi Fast Charging 20 W. Dengan teknologi tersebut, Anda bisa mengisi baterai 50 persen dengan waktu 30 menit serta mampu bertahan hingga 36 jam.

Untuk pasar Indonesia, Realme menawarkan beberapa varian Realme 3 Pro dengan harga yang berbeda. Jika Anda memilih varian 64 GB/4 GB RAM harganya di kisaran Rp 2,8 juta. Sementara untuk varian tertingginya yakni 128 GB/6 GB RAM mencapai Rp 3,5 jutaan.

6. Realme 3

Realme 3

Diperkenalkan satu bulan sebelum Realme 3 Pro, Realme 3 juga menjadi produk terbaru Realme di tahun 2019 ini yang sangat cocok untuk anak muda. Menyuguhkan desain kekinian yang jadi kekuatan Realme, smartphone ini memang tampil milenial sekali. Berikut beberapa fitur dan spesifikasinya:

Layar

Bagian layar pada Realme 3 ini dibuat berbeda karena pada bagian cover belakangnya ada sentuhan glossy dengan gradasi warna sangat cantik. Untuk ukuran layarnya, mencapai 6.22″ yang sudah memakai resolusi HD Plus 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio.

Performa

Realme 3 dibekali sektor dapur chipset kelas menengah produksi Mediatek, yaitu MT6771 Helio P60 dan Helio P70. Adanya GPU Mali-G72 MP3 serta bagian CPU berkemampuan Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53) dan Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53, menjadikan ponsel ini cocok untuk multitasking. Mau pakai media sosial, berkomunikasi, streaming di Youtube atau main game PUBG, Realme 3 masih terasa lancar sekalipun di pengaturan grafis medium atau high.

Kamera

Dijual dengan harga kurang dari Rp 2 juta, spesifikasi Realme 3 sangat patut diacungi jempol. Terutama pada kamera di mana Realme 3 memiliki dua jenis lensa di bagian belakang. Kedua lensa itu berukuran 13 MP dan 2 MP lensa Depth Sensor. Sementara untuk kamera depan, Realme 3 memakai ukuran lensa 13 MP yang sudah dilengkapi fitur HDR dan AI.

7. Realme 2

Realme 2

Tak lengkap rasanya jika sudah membahas Realme 1 dan Realme 3 tanpa Realme 2. Sebagai produk generasi awal dari Realme, Realme 2 resmi dikenalkan pada Agustus 2018. Jika melihat secara tampilan, sekilas Realme 2 memang mirip dengan Realme C1. Namun Realme 2 memiliki beberapa keunggulan dalam fitur dan spesifikasi seperti berikut ini:

Kamera

Hampir di setiap seri Realme memang telah diberi efek bokeh seperti yang ada pada Realme 2 ini. Untuk kamera utama di bagian belakang ponsel, Realme 2 memiliki dua ukuran lensa yakni 13 MP dengan Auto Focus dan 2 MP dengan Depth Sensor. Sementara kamera depannya berukuran 8 MP.

Performa

Memakai chipset Snapdragon 450 dan Adreno 506, ponsel yang mampu di-upgrade ke Android 9.0 ini diperkuat dengan CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53. Tak heran kalau performa Realme 2 bisa bersaing jika digunakan untuk main game. Mau game PUBG atau Asphalt 9, Realme 2 bisa memberikan ruangan yang cukup melegakan. Setidaknya ada dua varian memori internal dan RAM yang bisa dipilih yakni 64 GB/4 GB RAM dan 32 GB/3 GB RAM.

Layar

Pada bagian layar, Realme 2 memakai panel IPS LCD resolusi 720 x 1520 piksel dengan rasio 19:9. Tentunya layar pada Realme pun begitu tajam dan nyaman untuk penglihatan apalagi berukuran 6.2″. Tertarik meminang Realme 2? Siapkan saja dana di kisaran Rp 2 juta.

Nah, itulah dia 7 smartphone Realme yang bisa Anda miliki dengan kualitas yang tentunya terbaik. Tidak kalah dengan ponsel-ponsel canggih masa kini, Realme bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki gawai berkualitas, performa memuaskan dan harga terjangkau. Terutama untuk kalangan muda yang ingin tetap tampil kece, mengikuti kecanggihan teknologi dengan harga cukup bersahabat.

Arai Amelya @chimot_

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Comments are closed.

Recent Posts

Review HP Xiaomi Redmi Note 7, Hp Juara dan Paling Dicari di Kelasnya

Sebagai salah satu pabrikan smartphone terbaik di Asia, Xiaomi memang menjadi solusi bagi siapapun yang butuh ponsel harga terjangkau tapi…

2 minggu ago

Review Laptop Gaming ROG Zephyrus S GX701, Super Lengkap!

Asus semakin hari semakin menunjukkan 'taringnya' untuk menciptakan produk-produk laptop yang berkualitas. Menyadari bahwa era saat ini semua orang begitu…

2 minggu ago

10 Smartphone Samsung Terbaru Beserta Spesifikasi dan Harganya (2019)

Teknologi yang berkembang dengan sangat pesat membuat setiap orang berlomba-lomba untuk mengikuti arus kemajuan teknologi tersebut. Dengan dunia yang saat…

1 bulan ago

Huawei P30 Pro vs Oppo Reno 10x Zoom: Adu Ponsel dengan Kamera ‘Monster’, Siapa Juaranya?

Pertengahan 2019 ini tampaknya pasar smartphone di Indonesia sedang benar-benar bergairah. Lepas dari momen Idul Fitri di awal Juni, vendor-vendor…

2 bulan ago

10 Laptop dengan Harga 2 Jutaan Terbaik di Tahun 2019, Layak Dibeli!

Tidak butuh budget mahal dan spesifikasi standar yang sudah cukup adalah dua hal utama kenapa laptop-laptop seharga 2 jutaan begitu…

2 bulan ago

Perang Teknologi, Nasib Huawei Pasca Google Cabut Lisensi Android !

Opini ini hanya prediksi saya pribadi. Sebelum masuk pada jawaban, ada 3 poin penting yang harus dibahas. Indikasi perang teknologi…

3 bulan ago