5 SSD Ini Merupakan Jenis yang Paling Umum Lho! Apa Saja?

ARUSGADGET – SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive yang memiliki fungsi untuk mengatur penyimpanan pada perangkat. SSD juga terkenal dengan nama flash memory yang akan menyimpan berbagai data namun bentuknya tidak sebesar fisik  HDD  atau Hard Drive Disk.

Perangkat Solid State Drive merupakan perangkat penyimpanan yang menjadi besutan SanDisk pada awal perkenalannya. Perangkat ini memiliki ketahanan guncangan yang lebih tinggi saat tersematkan pada perangkat elektronik. Operasinya berjalan dengan tenang dan perpindahan datanya lebih cepat dengan latensi rendah.

5 SSD Paling Umum

Solid State Drive atau SSD

Perangkat penyimpanan satu ini juga memiliki kecepatan booting yang lebih cepat daripada HDD. Solid State Drive yang umum tersematkan pada perangkat elektronik ada berbagai macam jenis, apa saja? Berikut kami rangkun 5 macam SSD yang mendukung berbagai perangkat elektronik lain.

SSD mSATA

SSD mSATA

Solid State Drive ini juga mendukung produk komersial berbentuk penanda digital, perangkat point-of-sale, toko ritel, dan juga printer multifungsi. Perangkat mSATA mempunyai faktor yang lebih kecil daripada standarnya dan mendukung berbagai perangkat elektronik dengan daya yang terbatas, seperti tablet dan laptop.

BACA JUGA :

Untuk ukurannya tentu saja terancang dengan ukuran yang praktis dan hanya sebesar kartu identitas. SSD mSATA memiliki kelebihan mulai dari konsumsi daya yang rendah, tahan guncangan dan getaran, serta kemampuat booting yang lebih cepat.

M2 SATA

SSD M2 SATA

Jenis ini pada umumnya memiliki ukuran yang lebih singkat daripada versi pertamanya. Perbedaan ukuran antara keduanya mengidentifikasikan adanya perbedaan form factor pada drive. Untuk drive pertamanya, mSATA memiliki faktor mSATA sedangkan versi ini memiliki faktor M2.

Kemudian untuk jenis ini terbagi lagi menjadi dua macam yang terdiri dari versi double-sided dengan ukuran 22 x 60 (satuan mm). Untuk versi single-sided, Solid State Drive ini mengusung 22 x 80 (satuan mm) dengan perbedaan kapasitas di antara keduanya.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !

Tinggalkan komentar