5 Manfaat lain Dari Bluetooth Yang Membantu Kehidupan Sehari-hari

ARUSGADGET– Mungkin banyak orang yang mengetahui jika bluetooth hanya bisa untuk memindahkan data ke sesama perangkat, seperti smartphone, laptop atau komputer. Namun bluetooth memiliki manfaat lebih dari pada itu. Berikut manfaat lain dari bluetooth yang harus kamu ketahui.

Bluetooth adalah sarana untuk menghubungkan jaringan secara pribadi antara berbagai perlatanan secara berdekatan. Biasanya bluetooth digunakan untuk proses pemindahan data dari satu device ke device lain.

Saat ini, bluetooh sudah memasuki generasi ke-5. Sementara bluetooth yang masih populer dan banyak digunakan adalah Bluetooth 4.0 atau generasi keempat. Karena fungsi bluetooth yang praktis ini, banyak orang menggunakan bluetooth untuk pemindahan data dibanding harus menggunakan kabel. Ada beberapa manfaat dari bluetooth, berikut ulasannya.

Manfaat Lain Dari Menggunakan Bluetooth

1. Terhubung ke Printer

Printer atau mesin pencetak zaman sekarang umumnya bisa menjalankan fungsinya tanpa memakai kabel ke komputer atau laptop. Biasanya printer yang mendukung fitur ini adalah printer wireless alias printer tanpa kabel.  Printer wireless ini jadi solusi untuk Anda yang butuh printer praktis dan mudah digunakan.

BACA JUGA:

Cara terhubung dengan printer wireless adalah dengan menggunakan bluetooth. Contoh kasusnya, jika Anda ingin mencetak foto atau dokumen, tak perlu memindahkan datanya ke komputer. Cukup hubungkan bluetooth di HP dengan bluetooth di printer. Cara ini tentunya lebih praktis dan mudah. Tak ada lagi cerita susah nge-print lantaran kabel print rusak atau tak terhubung dengan baik.

2. Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless

Bluetooth juga bisa berfungsi untuk menghubungkan mouse dan printer tanpa kabel alias wireless. Penggunaan mouse dan keyboard wireless ini umumnya menggunakan USB dongle bluetooth agar terhubung. Jadi USB dongle dicolok ke port USB laptop atau komputer agar terhubung dengan keyboard maupun mouse wireless.

Penggunaan mouse dan keyboard wireless tentunya lebih praktis. Bahkan Anda bisa navigasi  komputer dari jarak yang lebih jauh. Tak seperti kabel yang penggunaannya terbatas berdasarkan panjang kabel mouse atau keyboard tersebut. Dan tak ada lagi cerita mouse atau keyboard tak bisa dipakai hanya karena kabelnya rusak.

3. Terhubung ke Speaker atau Headset Wireless

Memakai headset bluetooth menjawab persoalan kabel terlilit dan pergerakan bebas saat mendengarkan lagu di perjalanan. Speaker bluetooth menjawab masalah penempatan posisi speaker yang bisa lebih jauh dari sumber suara.

Karena itu, fungsi bluetooth sebagai penganar suara merupakan salah satu hal terbaik yang ada di dunia teknologi audio.

4. Berfungsi Sebagai Hotspot

Fungsi ini biasanya ada di perangkat smartphone. Anda yang penasaran dengan fungsi ini bisa menyalakannya di bagian “Tethering”. Biasanya ada 3 pilihan di bagian ini yakni; USB Tethering, Wifi Hostspot, dan Bluetooth Thetering. Hidupkan atau nyalakan bluetooth thetering di HP Anda kemudian sambungkan perangkat lain ke HP Anda untuk terhubung ke internet.

5. Terhubung dengan Proyektor

Proyektor terbaru juga sudah memiliki teknologi wireless. Tak perlu ribet lagi dengan kabel penghubung antara proyektor dengan laptop untuk sekadar menonton film atau kebutuhan presentasi. Cukup nyalakan fungsi bluetooth wireless di printer untuk terhubung dengan mudah dengan berbargai perangkat.

Bagikan !