Laptop Terkena Air? Berikut 5 Cara Mengatasi Laptop Terkena Air Agar Tidak Eror

ARUSGADGET- Laptop merupakan barang elektronik yang cukup sensitif. Sebagai pengguna harus berhati-hati jika sedang menggunakan laptop. Lalu bagaimana jika laptop terkena tumpahan air? Kamu pasti akan bingung dan panik. Maka dari itu artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi laptop terkena air. Simak sampai selesai ya.

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air

Sering kali ketika kita membawa makanan dan minuman saat sedang menggunakan laptop. Resikonya kadang kita tidak sengaja menumpahkan minuman ke laptop. Yang bisa kita lakukan hanya panik karena berpikir laptop akan eror dan rusak.

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air

Ada beberapa cara mengatasi laptop terkena air agar laptopmu tidak rusak.

1. Mencabut Charger

Sebagai pengguna sering kita menggunakan laptop dengan keadaan sedang mencharger laptop.

Mencabut Charger saat laptop terkena air
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Pada saat laptop terkena air langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mencabut charger dari laptop, agar tidak terjadi korslet dalam perangkat laptop.

2. Mematikan Laptop

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat laptop terena air yaitu mematikan laptop. Sebagai pengguna laptop harus secepat mungkin mematikan laptop supaya tidak terjadi hang pada laptop.

Matikan laptop

BACA JUGA:

3. Mengeringkan Laptop

Saat laptop terkena air maka bersihkan laptop dari air. Buka laptop selebar mungkin dan posisikan menghadap kebawah seperti membentuk tenda.

Biarkan laptop berada pada posisi tersebut selama beberapa jam dengan tujuan mencegah air masuk lebih masuk ke dalam perangkat laptop.

4. Melepas Keyboard Laptop

Langkah berikutnya lepas keyboard dari laptop. Kamu bisa melepaskan keyboard sendiri atau jika tidak bisa membawa laptop ke bengkel laptop. Tidak lupa membersihkan keyboard yang basah dengan kain lap atau cooton buds.

5. Membersihkan Laptop

Jika laptop sudah ketumpahan air, jangan terlalu dibawa panik hingga lupa membersihkan laptop. Saat sadar laptop terkena air, cepat-cepat bersikan semua bagian laptop yang  terkena air dengan sesuatu yang lembut.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop terkena air. Panik boleh, namun jangan sampai kepanikan itu membuat kamu kalap dan lupa untuk membersihkan latop dari air. Karena jika tidak segera dibersihkan, maka sangat memungkinkan air tersebut masuk ke dalam perangkan laptop lebih cepat.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !