4 Jenis Aplikasi Bikin Lemot yang Harus Anda Perhatikan untuk Kelancaran Ponsel Android

ARUSGADGET – Tanpa disadari, ponsel Android mungkin membawa aplikasi bikin lemot pada ponsel sehingga mengurangi kinerjanya. Performa yang berkurang dari ponsel Android tentu menimbulkan perasaan yang tidak nyaman bagi para penggunanya.

Bahkan, jika penggunaan ponsel tidak menerapkan manajemen yang baik maka bisa saja ponsel mengalami performa yang terus menurun hingga mati total.

Ponsel yang lemot tentunya membuat pengguna jengkel apalagi jika tidak tahu penyebabnya apa. Namun, sebagian besar kelemotan yang dialami oleh para pengguna ponsel biasanya datang karena ponsel bekerja terlalu keras entah dalam segi pengoperasian, penyimpanan, maupun pengaturan aplikasi. Siapa yang menyangka bahwa ada beberapa aplikasi bikin lemot yang mungkin mempengaruhi kerja ponsel pengguna Android.

Ternyata, aplikasi bikin lemot tersebut bisa saja sengaja pengguna pasang atau justru memang sudah tersedia lebih dulu sebagai pengisi tampilan ponsel.

Hal yang perlu Anda (sebagai pengguna ponsel Android) perhatikan adalah melakukan pengaturan terhadap sekian aplikasi agar nantinya tidak mengganggu kelancaran pengguna saat sedang melakukan aktivitas melalui ponsel.

Aplikasi Bikin Lemot Ponsel Android

Aplikasi Bikin Lemot Ponsel Android

Beberapa aplikasi bikin lemot tersebut tentu akan mengganggu dan harus segera diberi tindakan. Agar tidak bingung, ada beberapa aplikasi yang mungkin menjadi penyebab lemotnya ponsel Anda.

Tindakan apa yang harus diambil untuk aplikasi bikin lemot tersebut? Berikut rangkumannya.

BACA JUGA :

Aplikasi Game

Aplikasi Bikin Lemot Game

Beberapa permainan yang membutuhkan kapasitas besar akan mengganggu kinerja ponsel, game tersebut bisa dicontohkan dengan beberapa game kenamaan PUBG, Mobile Legend, Genshin Impact, Call of Duty dan masih banyak game lainnya yang menghabiskan kapasitas ponsel dalam besaran GB dan mengurangi kinerja ponsel karena menampung terlalu banyak beban.

Belum lagi jika ponsel Android yang digunakan bukanlah ponsel khusus gaming dengan kapasitas minim dan nantinya akan merepotkan pengguna saat ponsel menjadi terlalu panas atau lemot saat sedang bermain game.

Kemudian game menjadi aplikasi bikin lemot karena kerap melakukan pembaruan di latar belakang yang di mana itu menjadi di luar kendali pengguna. Jika memang ponsel Anda memiliki kapasitas yang minim, akan lebih baik jika menghapus aplikasi game agar bisa memaksimalkan fungsi ponsel sesuai dengan aktivitas sehari-hari pengguna.

Aplikasi Pembersih Cache

Aplikasi Bikin Lemot Penghapus Cache

Pada awalnya aplikasi ini berjalan sebagaimana mestinya untuk membersihkan ruang ponsel dengan cara menghapus file yang dianggap sebagai sampah. Namun, siapa sangka aplikasi ini menjadi aplikasi bikin lemot yang dapat mengganggu kinerja ponsel.

Aplikasi pembersih cache kerap kali menjalankan operasi di latar belakang sehingga malah menumpuk data aplikasi pada ponsel yang menyebabkannya lemot.

Bisa diambil contoh dari aplikasi Clean Master yang dulu terkenal dan memperoleh jutaan pengguna yang memasang aplikasi tersebut.

Tetapi kenyataannya aplikasi tersebut masuk ke dalam aplikasi bikin lemot karena memakan banyak ruang penyimpanan dan menjalankan aplikasi latar belakang.

Bahkan lebih parahnya, aplikasi tersebut membawa malware yang dapat membobol ponsel serta mencuri identitas pribadi pengguna untuk disalahgunakan dengan tujuan meraup keuntungan.

Aplikasi Media Sosial

Aplikasi Bikin Lemot Media Sosial

Sudah tidak asing bagi pengguna ponsel Android bahwa aplikasi media sosial memang kerap kali banyak memakan ruang. Media sosial dapat menjadi aplikasi bikin lemot jika tidak diatur dengan baik dalam segi ruang penyimpanannya.

Contohnya, WhatsApp yang secara otomatis menyimpan banyak data dari aplikasi mulai dari cadangan riwayat obrolan, video, foto, pesan suara, yang menghabiskan banyak kapasitas dari ponsel.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengakses pengaturan File dalam ponsel dan membuka penyimpanan internal lalu masuk ke folder WhatsApp > Media > (pilih folder dengan judul WhatsApp Images, WhatsApp Video, WhatsApp Audio, WhatsApp Documents, WhatsApp Voice Notes, WhatsApp Stickers) > pilih folder ‘Sent’ > Pilih Semua/Select All > Delete/Hapus. Pasalnya, file tersebut berisi seluruh media yang kita kirim yang berarti kita sudah mempunyainya lebih dulu dan mengirimnya melalui WhatsApp akan membuatnya menjadi ganda (duplikat).

Untuk aplikasi media sosial lainnya memang tidak akan memakan tempat sebanyak WhatsApp namun pada data aplikasi akan terus meningkat. Pengguna ponsel bisa mengunjungi Settings/Pengaturan kemudian ke manajemen aplikasi dan memilih aplikasi bikin lemot untuk dilakukan tindakan Clear Data.

Perlu diingat, tindakan tersebut akan mengeluarkan akun yang tertaut pada media sosial Anda sehingga tidak disarankan untuk Anda yang lupa kata sandi akun media sosial.

BACA JUGA :

Aplikasi Bawaan

Aplikasi Bikin Lemot Bloatware

Aplikasi bawaan bisa masuk ke dalam kategori aplikasi bikin lemot karena dipasang begitu saja setelah ponsel dibuat untuk memenuhi kapasitas penyimpanan.

Namun, setelah terpasang di ponsel, aplikasi tersebut justru tidak memberikan fungsi yang signifikan pada ponsel dan hanya meembuat kapasitas penyimpanan semakin penuh karena beroperasi di latar belakang.

BACA JUGA :

Keberadaan aplikasi bawaan ini ada yang diizinkan untuk dihapus ada pula yang tidak. Jika keberadaannya mengganggu, maka pengguna ponsel harus segera melakukan penonaktifan pada aplikasi agar tidak berjalan secara otomatis di latar belakang. Atau jika diizinkan melakukan penghapusan aplikasi, maka ada baiknya untuk menghapus aplikasi tersebut.

Itulah beberapa aplikasi bikin lemot yang mungkin ada dalam ponsel Android Anda. Dengan mengetahui informasi ini, maka Anda bisa lebih menaruh perhatian agar aplikasi tersebut tidak mengganggu kinerja ponsel atau membuat performanya lemot. Kemudian, cara lain yang bisa pengguna lakukan adalah menghapus data atau jika dirasa tidak penting, bisa langsung melakukan penghapusan.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !

Tinggalkan komentar