4 Cara Mengaktifkan Bluetooth Laptop Atau Komputer

ARUSGADGET– bluetooth digunakan untuk proses pemindahan data dari satu device ke device lain, termasuk laptop. Namun sayang masih banyak yang belum mengetahui car mengaktifkan bluetooth di Laptop. Berikut artikel membahas tentang cara mengaktifkan bluetooth laptop atau komputer. Simak sampai  selesai ya.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Laptop Atau Komputer

1. Menggunakan Tombol fn dan Tombol Ikon Bluetooth

Pada umumnya sebuah laptop memiliki bluetooth yang sudah built-in. Untuk tipe laptop seperti ini, cara mengaktifkannya adalah dengan menekan tombol Fn plus salah satu tombol dari F1 sampai F12.

Cara mengetahuinya adalah melihat ikon buetooth yang terpampang di salah satu tombol dari F1 sampai F12. Mengingat tiap merek laptop beda-beda, jadi pastikan ada salah satu tombol dari F1 sampai F12 yang memiliki ikon bluetooth.

Jika sudah ketemu, misalnya di laptop kamu ikon bluetooth ada di F4. Maka untuk mengaktifkan bluetooth adalah dengan menekan tombol Fn + F4. Jika sudah benar, akan muncul ikon bluetooth yang ada di system tray, yakni bagian task bar paling kanan. Munculnya ikon bluetooth menandakan bluetooth sudah mulai bisa digunakan.

BACA JUGA:

2. Mengaktifkan Melalui Setting

Mengaktifkan Bluetooth dan menghubungkan dengan perangkat Bluetooth lain bisa dengan cara mengaktifkannya di bagian Setting. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pilih menu Windows. Kemudian masuk ke bagian Setting. Kamu juga bisa menuliskan di pencarian “Setting” atau langsung menulis “Bluetooth” untuk cara lebih cepat.

Setelah itu pilih opsi Devices.

Pada bagian Bluetooth & other devices, ada tombol untuk menyalakan Bluetooth dari off ke on. Geser tombol ini untuk menyalakan Bluetooth. Perhatikan gambar di bawah ini.

Setelah dinyalakan, kamu bisa menghubungkan perangkat Bluetooth dengan laptop atau komputer deskto. Kamu perlu melakukan “paired” terlebih dahulu. Jika sudah melakukan “paired”, kedepannya Kamu tinggal menghubungkan kedua perangkat tersebut.

Kamu juga bisa menambahkan perangkat Bluetooth yang belum terhubung dengan memilih opsi paling atas, yakni Add Blutooth or other device.

3. Menggunakan Device Manager

Cara mengkatifkan bluetooh lainnya dengan mudah adalah dengan mengaktifkannya melalui device manager. Caranya cukup gampang. Kamu tinggal membuka device manager. Dan lihat pada bagian device manager tersebut.

Jika terdapat bluetooth namun ternyata belum aktif, kamu cukup klik kanan, kemudian pilih “enable” untuk mengaktifkannya. Sementara pilihan “disable” adalah untuk menonaktifkannya.

4. Instal Driver Bluetooth

Ketika kamu menyalakan bluetooth, baik menggunakan tombol Fn maupun menggunakan dongle USB bluetooth, belum bisa digunakan, maka ada kemungkinan sistem operasi pada laptop belum dipasang driver bluetooh.

Untuk menjalankan bluetooth, maka pasanglah terlebih dulu driver bluetooth. Pemasangan bisa dilakukan dengan membawa cd driver bawaan. Jika tidak ada, bisa download driver bluetooth di internet yang sesuai tipenya dengan bluetooh built-in atau usb dongle kamu.

Bagikan !