4 Cara Efektif Merawat Laptop Yang Benar Agar Lebih Awet

ARUSGADGET– Sebagai pengguna laptop, pastinya tidak ingin laptop menjadi lebih mudah rusak. Oleh karena itu perlu adanya perawatan laptop yang baik dan benar agar laptop awet dan tahan lama. Kali ini arusgadget akan membahas tentang cara efektif merawat laptop. Simak sampai selesai ya.

Laptop kini menjadi perangkat yang sangat penting terutama untuk para pelajar dan pekerja kantoran. Mereka menggunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas, pekerjaan bahkan tidak jarang juga digunakan untuk hiburan.

Karena laptop merupakan perangkat yang sangat berguna dan memiliki berbagai macam fungsi, maka sebagai pengguna laptop harus bisa menjaga dan merawat laptop agar kinerja laptop tetap baik dan tahan lama. Namun sangat disayangkan, masih banyak sekali orang-orang yang menyepelekan hal-hal kecil pada laptop yang bisa membuat perangkat ini rusak. Salah satu contohnya yaitu membiarkan mengisi baterai hingga penuh tanpa di cabut. Itu bisa mempersingkat umur laptop.

BACA JUGA:

Berdasarkan sumber yang berasal dari akun instagram @kemenkominfo, kurang lebih ada 4 tips cara merawat laptop supaya lebih awet dan tidak cepat rusak. Inilah tips yang bisa kamu lakukan supaya kinerja laptop tetap baik.

Beginilah Cara Efektif Merawat Laptop Yang Benar

cara efektif merawat laptop

1. Cara Memasang Charger Laptop

Salah satu utama penyebab umur laptop pendek atau tidak tahan lam karena cara memasangkan charger yang tidak tepat. Hampir semua pengguna laptop keliru pada saat menggunakan charger laptop.

Cara yang benar menggunakan charger laptop yaitu mencolokan charger ke stopkontak terlebih dahulu baru setelah itu memasangkannya ke laptop. Apabila memasangkannya dengan cara yang terbalik, bisa merusak laptop. Hal tersebut karena daya listrik yang belum mengalir dengan stabil.

2. Tidak Terus Mengisi Daya Baterai

Hampir semua orang saat mengunakan laptop melakukan kebiasan jelek tidak mencabut sambungan charger pada laptop. Kadang kita mencharger laptop berjam-jam meskipun tau jika baterai laptop sudah penuh.

Kebiasaan seperti ini harus cepat dihilangkan. Karena hal itu malah justru bisa membuat kapasitas daya baterai berkurang. Kemudian jangan lupa untuk mencabut sambungan charger dari stopkontak. Hal tersebut untuk menghindari kabel charger yang rusak.

3. Tidak Menggunakan Shutdown Saat Laptop Not Responding

cara efektif merawat laptop

Tidak jarang dari kita langsung mematikan laptop saat not responding. Kita biasanya langsung menekan cukup lama tombol shutdown atau bahkan langsung menutup laptop. Buanglah kebiasaan seperti ini, karena itu bisa membuat laptop lebih cepat rusak.

Laptop not responding dikarenakan tidak berjalannya software yang digunakan. Sehingga yang harus dilakukan adalah mematikan software tersebut. Cara mematikannya bisa dengan melalui Task Manager.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Mode Sleep

Siapa yang suka menggunakan mode sleep? Pastinya banyak orang yang lebih suka menggunakan mode sleep ini, karena tidak perlu mematikan aplikasi laptop. Sebenarnya tidak salah menggunakan mode ini, yang salah adalah menggunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang sering.

Kebiasaan menggunakan mode sleep bisa menjadikan laptop cepat rusak terutama bagian baterai. Pakailah mode sleep hanya sesekali saja. Dan saat sudah selesai menggunakan lapto harus mematikan dengan mode shutdown. Tutup laptop saat keadaan monitor benar-benar mati.

Nah itulah 4 tips merawat laptop agar kinerja bisa tetap stabil dan umur ponsel yang panjang umur.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !